Yukk Lakukan ini Sebelum Tidur - Alya Hijab

Yukk Lakukan ini Sebelum Tidur

2 minggu yang lalu      info menarik

Tidur adalah istirahat alami. Hal ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu Wata'ala dalam Al-Qur'an surah An-Naba', ayat 9 berbunyi: "Waja'alana naumakum subata
".
(Dan kami menjadikan tidurmu untuk istirahat).

Dengan tidur secara teratur setiap hari, seseorang akan lebih terjaga kesehatanya. Orang yang tak pernah tidur dalam jangka waktu lama tentu akan jatuh sakit.

Sedemikian penting aktivitas tidur bagi manusia. maka Imam al-Ghazali memberikan nasihatnya tentang adab tidur sebagaimana termaktub dalam risalahnya berjudul AL-Adab fid Din dalam Majmu'ah Rasail al-Ghazali.

"
Adab tidur, yakni bersuci sebelum tidur, tidur diatas sisi kanan, berdizikir kepada Allah 'azza wajalla hinga tidur, berdoa ketika bangun dan memuji Allah ta'ala".

Dari kutipan tersebut dapat di uraikan salah satunya adab bersuci sebelum tidur.

siapapun yang hendak tidur sebaiknya memastikan diri bahwa anggota badannya telah bersih baik dari kotoran-kotoran seperti tanah atau lumpur, sisa makanan dan sebagainya. Hal ini sangat baik apabila dilakukan dengan cara berwudhu sekaligus untuk bersuci dari hadats kecil. Selain itu, dengan berwudhu seseorang bisa tidur dengan kualitas lebih baik seperti tidak merasa gatal-gatal pada anggota badan dan terhidar dari mimpi-mimpi buruk sehingga bisa istirahat dengan sempurna.

Adab sebelum tidur tersebut semoga kita dapat melakukan secara utuh setiap kali akan tidur dan bagun tidur. Jika hari diawali dengan hal-hal positif lainnya akan mengikuti sepanjang hari itu hingga saatnya tidur kembali.

Semoga bermanfaat :)




Komentar Artikel "Yukk Lakukan ini Sebelum Tidur"