Woww!!! Inilah Olahraga Untuk Muslimah - Alya Hijab

Woww!!! Inilah Olahraga Untuk Muslimah

1 minggu yang lalu      info menarik

 

Olahraga merupakan suatu gerakan tubuh yang memberikan keseluruhan tubuh menjadi segar bugar. Olahraga juga dapat membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak.

Demikian pula tubuh, jika kurang gerak, tubuh akan menjadi bermasalah dan tidak sehat. Dengan berolahraga, tidak hanya otot-otot yang terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf pun akan bekerja menjadi lebih baik.

Adapun olahraga untuk muslimah di antara lain : 

  • Lari  

Bisa dibilang olahraga ini yang paling mudah bagi sebagian besar orang dan tidak memerlukan banyak biaya, atau bahkan tanpa biaya sama sekali. Dalilnya adalah hadits berikut ini:

Aisyah r.a pernah berkata: "Rasulullah Saw mengajakku lomba lari dan aku mengalahkannya. Kemudian aku berdiam diri sampai aku menjadi gemuk. Kemudian Rasulullah Saw mengajakku lomba lari dan beliau mengalahkanku. Beliau bersabda: 'Ini sebagai balasan dari lomba yang lalu.' " (Hadits Riwayat Ahmad dan Abu Dawud)

  • Memanah

Rasulullah Saw pernah bersabda :”Kamu harus belajar memanah karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” ( Riwayat Bazzar, dan Thabarani dengan sanad yang baik)

Kenapa Nabi SAW menganjurkan Olahraga Panahan?? olahraga panahan melatih konsentrasi ketenangan serta melatih kestabilan emosi. jika saat memanah emosi kita sedang tertekan maka biasanya anak panah akan meleset dari sasaran. seorang pemanah juga akan terlatih ketenangan,kesabaran,dan kesehatan mentalnya.

  •  Berkuda

Berkuda merupakan olahraga sunnah Rasulullah Saw. Apa manfaat dari olahraga berkuda itu? 

a. Meningkatkan dan menjaga stamina

Saat berkuda, ada teknik unik yang harus dilakukan. Betis dan lutut menjadi kunci dalam pegangan. Hal ini saja sudah akan sangat menguras tenaga, apalagi jika harus menunggangi dan mengendalikan kuda yang tengah berlari.

b. Melatih keseimbangan dan konsentrasi 

Tidak sedikit para pemula yang gagal pada beberapa percobaan pertama menunggangi kuda. Namun dengan latihan yang intensif sehingga terasah hati dan fisiknya, berkuda akan menjadi kegiatan berolahraga yang semakin menyenangkan.

Selain berkuda, Anda pun tetap boleh melakukan olahraga lain sekalipun bukan jenis yang termasuk sunnah Rasul. Selama kegiatan tersebut tidak menyakiti diri sendiri atau orang lain dan membuka aurat, maka sah-sah saja untuk melakukannya.

sewaktu kuda melompat dan berlari,tulang belakang manusia bergeser antara satu sama lain dalam keadaan harmoni,hal ini mampu merangsang saraf-saraf tulang belakang, seolah-olah tulang belakang diurut.

  •  Berenang

Selain olahraga memanah dan berkuda adalah berenang. Saat berenang, mental, fisik, semua otot dan tulang rangka digerakkan untuk membuat gerakan yang saling berkoordinasi antara dua anggota kaki dan dua anggota tangan, selain menguatkan stamina dan menguatkan sistem kardiovaskular (Jantung), berenang juga melatih keberanian mental karena berolahraga di dunia yang berbeda yaitu air yang notabene bukan tempat hidup manusia

Adapun manfaatnya yaitu :

  • Menurunkan berat badan
  • Membantu tubuh untuk tetap lentur
  • Mengurangi resiko asma
  • Mencegah depresi dan stress

 

Itulah beberapa olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw

Rasulullah Saw pernah bersabda :”Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan berkuda.” (H.R. Sahih Bukhari dan Muslim)

Ikutilah yang benar dan jauhilah yang salah. Semoga bermanfaat. :)

 

Sumber  :

  1. https://www.gomuslim.co.id/read/komunitas/2016/03/31/131/inilah-olahraga-yang-dianjurkan-rasulullah-saw.html
  2. https://www.kompasiana.com/tintadigital58/5bff8b2b6ddcae6f38170f02/olahraga-untuk-muslimah

 

 

 

 




Komentar Artikel "Woww!!! Inilah Olahraga Untuk Muslimah"