Tips Menghilangkan Stress - Alya Hijab

Tips Menghilangkan Stress

1 bulan yang lalu      info menarik

 

Menghilangkan Stres.Semua orang pasti mengalami stres ,hanya orang gila yang tidak mengalami stres. Banyaknya tekanan baik lahir ataupun batin membuat hati kita terasa sumpek. Salah satu yang paling sering membuat kita stress adalah masalah pekerjaan, hutang dan hubungan percintaan.

Setiap orang pasti akan menghadapi tekanan yang berbeda dan tantangan dalam hidup. Stres adalah fakta umum kehidupan dan semua orang merasakan stres dalam perjalanan hidupnya. Tapi tingkat stres yang tinggi dapat menjadi sangat berbahaya.

Ini mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental. Terlalu banyak stres membuat Anda tidak bisa berpikir dengan benar, sehingga efisiensi dan produktivitas menurun dan mengganggu keseimbangan emosional.

Cara menghilangkan stres tiap orang bisa berbeda. Namun, ada berbagai cara menghilangkan stres yang bisa dilakukan dengan sederhana, tanpa menggunakan modal yang besar.

Berikut beragam cara menghilangkan stres untuk membuat tubuh dan pikiran Anda tetap sehat:

  • Lakukan kegiatan yang disukai

Coba ingat-ingat, kegiatan apa yang membuat Anda lupa waktu dan sangat senang melakukannya. Lakukan hal yang Anda senangi seperti memancing, membaca buku, atau apa pun hobi yang Anda sukai sampai dapat membantu menurunkan kadar stres Anda.

  • Tetap bergerak dan berolahraga

Saat Anda mengalami stres, janganlah mengurung diri di tempat sepi. Tetaplah bergerak dan berolahraga ringan, seperti lari, bersepeda , atau berjalan kaki. Melakukan latihan peregangan seperti yoga juga dapat mengurangi ketegangan pada otot, dan sekaligus meringankan stres. Pada saat Anda bergerak atau berolahraga, tubuh akan mengeluarkan zat kimia yang membuat Anda merasa lebih baik.

  • Mendengarkan musik bernada lembut

Mendengarkan musik bernada lembut adalah salah satu cara menghilangkan stres yang sangat membantu. Hal ini dikarenakan musik bernada lembut dapat menurunkan laju detak jantung, meredakan rasa cemas, dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, mendengarkan musik  yang tenang dan lembut membuat hormon kortisol dan tekanan darah menurun.

 

  • sholat tahajjud

 

        Dengan bermunajat kepada Allah, bercerita tentang apa saja yang menjadi beban, meminta, memelas, dan memohon ampun atas dosa-dosa yang telah diperbuat, dan meminta agar diberikan kemampuan dalam menghadapi ujian yang menjadi beban pikiran. Akan sangat membantu melegakan dada. Munyegarkan hati. Ini adalah salah satu cara mengeluarkan semua beban yang ada dalam hati kita.

 

  • Jangan Menekan Pikiran Dan Emosi

 

Bila perilaku seseorang yang mengganggu membuat Anda stres. Berbicara sopan dengannya dan ceritakan tentang hal itu akan menghilangkan stres. Kuasailah pikiran dan emosi, jangan sampai amarah membuat keadaan menjadi tambah rumit.

 

  • Berikan Waktu Untuk Diri Sendiri

 

Cobalah untuk bersantai . Menghabiskan beberapa waktu dengan keluarga  Anda, membaca buku atau menonton film favorit, bermain olahraga favorit tiap sore atau menikmati keindahan alam bersama teman , akan  benar-benar menenangkan pikiran Anda dan melepaskan semua ketegangan dan menghilangkan stres.

Sahabat Alya berikut ini amalan atau doa yang merasakan kegelisahan ataupun merasa stress,

 

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

(Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.)

Artinya : Ya Allah, aku berlindung padaMu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padamu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung padaMu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.

– Sahih Bukhari

 

 








Komentar Artikel "Tips Menghilangkan Stress"