Tips Memilih Jenis Kain Berkualitas - Alya Hijab

Tips Memilih Jenis Kain Berkualitas

1 bulan yang lalu      info menarik

 

Kain saat ini menjadi kebutuhan yang selalu dicari orang baik dari segi kualitas, harga dan trend yang sedang hangat. Kain sebagai bahas dasar dalam pembuatan pakaian ini memang menjadi kebutuhan pokok yang dipergunakan untuk melindungi tubuh manusia dari cuaca dan kotoran. Kenyaman inilah yang menuntut kita untuk mengetahui kualitas dari kain yang akan digunakan dalam pembuatan pakaian

Nah berikut merupaka beberapa tips yang bisa digunakan dalam memilih jenis kain dengan kualitas yang baik  yang bisa dijadikan panduan dalam pembuatan pakaian.

  1. T-shirt

Hampir semua orang pasti menyukaian jenis pakaian ini.  Baik muda maupun tua, atau wanita maupun laki-laki. Dan jenis ini bisa digunakan naik dalam acara formla maupun non formal. 

  1. Celana Jeans-Denim

Jenis pakaian ini sanagt erat kaitannya dengan celana yang membutuhkan bahan yang kuat, baik dan tidak mudah kusut. Warna yang biasa untuk kain jenis denim adalah biru dan hitam, meskipun ada warna lain yang telah dimodifikasi. Jenis kain denim yang baik untuk bisa diaplikasikan dalam pembuatan celana ataupun jaket adalah jenis deim 24, 22, 19 dan 17. Jenis 24 dan 22 merupakan kain dengan kualitas teraik yang mempunyai serat kain lebih tebal dari jenis denim lainnya. Kelemahan dari kain jenis ini sedikit panas ketika digunakan dalam waktu yang lama. Sedangkan untuk jenis 19 dan 17 adalah jenis kain denim terbaik karena mempunyai karakter kuat, serat kain lebih tipis jadi tidak membuat panas ketika digunakan dalam waktu yang lama.

  1. Kemeja Kain Flanel dan Fanel

Kemeja merupakan salah satu jenis pakaian yang dahulu dianggap sebagai pakaian formal. Namun seiring berjalannya waktu,  banyak anak muda yang mengenakan kemeja untuk menemani waktu hangout mereka yang berbahan dasar kain fanel ataupu flannel. Jenis ini mempunyai karakter tipis, kuat, tidak mudah kusut dan nyaman digunakan. Sedangakan untuk jenis flannel, jatuh pada jenis katun 15 dan 17, yang mempunyai karakter dengan ketebalan yang pas, berbeludru baik, adem, dan tentunya tidak mudah kusut. 

  1. Dress

Dress sebagai gaun yang sering digunakan dalam acara-acara tertentu untui kaum hawa haruslah mempunyai tingkat kenyamanan yang baik dan memberikan estetika tersendiri bagi penggunanya. Ada dua jenis dress yang biasa digunakan, yaitu dengan menggunakan furing atau tanpa furing. Furing terbaik yang biasa digunakan dalam pembuatan dress yaitu katun furing 23 yang mempunyaikarakter tipis dan halus. Katun furing 23 banyak dijadikan pilihan utama dalam pembuatan dress karena bahan ini dapat memberikan kesan berisi bagi pemakainya.

  1. Celana Bahan

Celana bahan baiknya menggunakan bahan yang memounyai serat kain yang baik, rapat, tidak mudah kusut, dan kuat.

Untuk jenis celana kain yang biasa digunakan wanita baiknya menggunakan bahan jenis semi wools 24 yang mempunyai karakter lebih tipis dari kelasnya namun kuat untuk dipakai sehingga mengurangi resiko sobek dan kusut. 

 

Untuk lebih jelasnya bagaimana memilih busana berkualitas, simak tips berikut ini:

1. Coba dengan Menerawang

Cara mencari pakaian berkualitas dengan menerawang ini untuk melihat kasar atau tidaknya benang pakaian. Coba mempehatikan pada serat kain bajunya , kalau tampak mengilap ada kemungkinan bahan kainnya banyak dicampur dengan polyester. Bahan polyester menimbulkan rasa panas ketika baju dikenakan. Bahan baju yang berkualitas akan terlihat tenunanya yang cenderung sangat rapat.

2. Kelenturan Bahan

Kain dengan kualitas bagus biasanya agak lemas dan jatuh karena agak berat dan pada tenunannya juga rapat. Cobalah dengan meraba pakaian yang sudah dipilih. Cara lain adalah dengan meremas kain nya, hal ini untuk mengetahui seperti apa reaksi kain setelah dikusutkan. Kebanyakan bahan baju yang berkualitas rendah akan terlihat mudah sekali kusut, karena pada seratnya lebih mudah ditekuk ini pertanda kalau serat yang digunakan merupakan serat campuran.

3. Kualitas Jahitan

Pakaian yang berkualitas memiliki jahitan yang rapi dan kuat. Coba cek semua pada jahitan pakaian yang akan dipilih dan jangan sampai terlewatkan. Selain itu cek juga pada obrsan bajunya karena jenis baju yang obras biasanya jahitannya akan mudah lepas. Untuk menguji kekuatan jahiannya bisa dengan menarik bagian yang dijahit untuk mengetahui kualitas jahitannya.

 

4. Perhatikan Warnanya

Baju yang bagus warnanya lebih rapat dan tidak terlihat pudar. Anda akan mengetahui bagus tidaknya pewarnaan pakaian ini setelah baju dicuci. Mungkin juga bisa dengan mencoba menggesek-gesekkan kain pakaian satu sama lain untuk mengetahui kualitas pada warna bajunya.

5. Sesuai Kebutuhan

Walaupun tidak termasuk pada penilaian kualitas sebuah baju . Anda juga pertimbangkan kebutuhan baju yang akan dibeli. Hal ini juga meliputi kecocokan, kenyamanan saat dikenakan. Baju yang bagus belum tentu sesuai dengan anda, Karena untuk melihat cocok tidaknya pakaian merupakan gabungan dari warna, ukuan, motif , model dan bentuk tubuh pemakainya.

 




Komentar Artikel "Tips Memilih Jenis Kain Berkualitas "