Tips Memilih Baju sesuai Agama - Alya Hijab

Tips Memilih Baju sesuai Agama

2 bulan yang lalu      info menarik

Ternyata saat ini baju muslim telah merambah ke dunia fesyen dalam negeri dan luar negeri. Memiliki banyak variasi model dengan perpaduan busana yang tetap tidak melanggar syariat Islam. Ini membuat stigma baru di mana pakaian muslimah tidak melulu itu-itu saja. Sekarang desain gamis lebih trendi dan tidak ketinggalan zaman. Para produsen pun juga sudah banyak yang menjual produk untuk busana muslim. Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan untuk memilih baju muslim yang baik, nyaman, dan juga fashionable.

 

Mengetahui Siapa Yang Ingin Anda Temui

Ketika sedang memilih pakaian, anda harus memikirkan lagi siapa saja yang akan anda temui pada acara yang anda akan datangi. Sudah tentu terdapat perbedaan gaya berpakaian ketika anda akan pergi untuk bertemu teman untuk jalan-jalan atau menghadiri acara resmi bersama pegawai perusahaan. Hal tersebut harus anda perhatikan sehingga anda akan tampak professional dan tidak terkesan menghadiri suatu acara dengan gaya berpakaian yang asal-asalan, misalnya menghadiri suatu acara pernikahan dengan menggunakan suatu kaos bola team tertentu lengkap dengan sepatu serta kaos kaki bola, tentu hal tersebut tidaklah pantas untuk dilakukan.

 

Harus Sesuai dengan Syariat Agama

Pakaian harus disesuaikan dengan syariat agama. Di dalam ajaran agama Islam telah diatur sedemikian rupa bagaimana memakai pakaian yang baik. Tidak hanya untuk menutupi badan, tetapi dapat menutupi diri dari panas matahari dan dinginnya udara. Serta sebagai sarana ibadah untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan pada Allah SWT. Oleh karenanya dengan berpakaian kita harus senantiasa mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

 

Sesuaikan Ukuran, Jangan Menggunakan yang Terlalu Ketat

Saat kamu ingin membeli pakaian muslimah, pilihlah baju dengan model yang agak longgar dan dapat menyamarkan siluet dari bentuk tubuh kamu. Sesuaikan dengan ukuranmu, jangan sampai kamu malah merasa baju tersebut terlalu ketat dan menunjukkan bentuk tubuh. Jika, kamu memiliki tubuh kurus, bisa mengenakan gamis dengan hiasan pinggang untuk menyamarkan bentuk tubuh, dan usahakan bahannya juga yang tebal. Kalau kamu memiliki tubuh gemuk, bisa memilih gamis dengan motif bunga misalnya, tetapi dengan ukuran kecil. Sedangkan, untuk kamu yang memiliki tubuh nyaris tanpa lekukan, bisa memilih baju dengan detail pada bagian dada. Ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menyamarkan bentuk tubuh.

 

Kenyamanan Pakaian Dan Aksesoris

Hal selanjutnya yang benar-benar harus anda perhatikan adalah kenyamanan dari pakaian serta aksesoris yang anda gunakan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena tentu anda ingin selalu dapat bebas bergerak walaupun ketika menggunakan pakaian yang rapih bahkan formal. Pakaian yang anda gunakan juga haruslah rapih serta bersih, sehingga anda akan tetap terlihat rapih, bersih, dan percaya diri walaupun pakaian yang anda gunakan merupakan pakaian dengan design yang sederhana, misalnya anda menggunakan kalung emas dengan berat satu kilogram yang tentu saja akan sangat mengganggu kenyamanan anda.

 

Perhatikan Bahan

Karena dalam memakai pakaian muslim itu harus menutupi bagian tubuh, di sini kamu juga harus memperhatikan bahan dari baju yang akan dibeli nantinya, agar merasa nyaman selama pemakaiannya. Ada berbagai macam bahan yang bisa kamu pakai, dan bisa disesuaikan pula dengan kegiatan yang ingin kamu lakukan.

Bahan jersey biasanya digunakan untuk bahan gamis syar’i karena memiliki tekstur yang lembut, dan menunjukkan kesan drapery yang indah saat memakainya. Lalu ada kain linen yang memiliki ciri kaku dan cenderung tebal. Walaupun kaku jika kamu pegang bahan ini akan terasa halus. Bahkan tidak elastis saat direntangkan, jadi tidak akan melar. Biasanya untuk baju muslimah kain ini dipakai untuk atasan blouse. Katun linen ini juga salah satu kain katun yang halus dan akan memberikan efek dingin saat kamu pakai, karena memakai bahan serat kapas.

Gunakan Motif yang Simpel dan Sederhana

Desain baju muslim saat ini sudah memiliki model dan motif yang bervariasi. Saat ini yang lagi menjadi trend adalah motif bunga atau motif polos, tetapi memiliki warna cerah dan juga warna pastel yang soft. Pilih busana yang akan memberikan kesan elegan pada dirimu. Dengan motif simpel dan sederhana, penggunaan aksesoris dianjurkan untuk tidak berlebihan. Selain akan membuat kamu terganggu karena pakaian terasa berat, banyak perhiasan tidak dianjurkan pula dalam agama.

 

Memilih Hiasan Yang Cocok Dengan Pakaian Yang Anda Pilih

Ketika anda telah memutuskan untuk menggunakan suatu pakaian tertentu yang anda rasa merupakan pilihan yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah mencari hiasan atau aksesoris yang tepat untuk melengkapi pakaian tersebut. Aksesoris atau hiasan yang anda pilih haruslah memiliki kesesuaian warna dengan pakaian yang telah anda gunakan, walaupun warnanya tidak benar-benar sama, misalnya celana panjang hitam dengan ikat pinggang berwarna gelap untuk menghadiri rapat bersama teman satu kantor dan bukan menggunakan ikat pinggang pramuka.

 

Berpakaian Dengan Baik Dan Tidak Berlebihan

Berpakaian dengan rapih, bersih, serta menawan tidaklah harus mencolok sehingga justru malah akan membuat anda tampak berlebihan dan bukan tidak mungkin jadi bahan tertawaan orang lain, misalnya saja anda datang ke sebuah acara formal untuk peresmian sebuah organisasi yang mengharuskan anda menggunakan kemeja lengan panjang berdasi, akan tetapi agar dapat tampil berbeda anda justru datang dengan menggunakan kemeja lengan pendek yang dilengkapi dengan dasi kupu-kupu berwarna merah muda, tentu saja hal tersebut tidak formal. Selain itu, menggunakan aksesoris yang berlebihan juga dapat mengundang adanya tindak kejahatan.

Baju Wanita Muslim yang Bisa Dijadikan

Pilihan Wanita indentik dengan sadarnya dalam bergaya, apalagi dengan banyaknya muslimah. Ini karena semakin banyak modelnya yang beredar di pasaran. Karena banyaknya pakaian muslimah yang dijual, kamu bisa melihat refrensi baju muslimah yang akan Alya bahas kali ini, yang pastinya cantik dan juga akan membuat kamu terlihat semakin anggun.

 

Salah satunya Tiffani Dress ini, Baju Kualitas Butik dan Alhamdulillah sesuai dengan syariat Islam. Berikut ini gambar beserta penjelasannya

Tiffani Dress

 

1. Bahan Toyobo kualitas terbaik

2. Risiliting depan (nursing friendly)

3. Saku samping bagian kanan dan kiri

4. Dilengkapi tali serut di bawah dada untuk adjust ukuran

5. Simpel, manis dan elegant, ringan dan nyaman

6. Kancing bungkus di ujung lengan guna memudahkan untuk berwudlu (wudlu friendly)

 

Sumber

 

https://bp-guide.id/AXfxVtBr  

https://www.instagram.com/p/BznQGOOHFCkbZyLtd_T_IfqmVYukIDoAMa_QG80/

https://www.kompasiana.com/elvendigital/578df22bcf92739c054a0b0f/tata-cara-berpakaian-sesuai-dengan-acara-dan-tempat-yang-dikunjungi  

 

 




Komentar Artikel "Tips Memilih Baju sesuai Agama"