Tips Cara Menghilangkan Noda di Hijab - Alya Hijab

Tips Cara Menghilangkan Noda di Hijab

1 bulan yang lalu      info menarik

 

Noda tinta pada hijab menjadi masalah bagi banyak orang, khususnya kaum ibu. Namun, banyak orang tak memahami betul bagaimana menghilangkan noda tersebut. Nah, ada beberapa bahan rumah tangga yang sebetulnya bisa dimanfaatkan u ntuk menghilangkan noda tinta pada hijab. Apa saja? 

 

  1. Susu 

Menghapuskan noda tinta dari hijabberwarna bisa dilakukan menggunakan susu. Rendamlah hijab tersebut semalaman dalam rendaman susu lalu cuci keesokan harinya.

  1. Penghapus cat kuku 

Jika noda tinta tak hilang meski sudah dibersihkan dengan sabun dan air, kemungkinan noda tersebut tidak bisa dibersihkan dengan air. Jika hal itu terjadi, kamu bisa mencoba menggunakan penghapus cat kuku. Aplikasikan penghapus cat kuku menggunakan bola kapas pada bagian yang terkena noda. Ketika noda tinta hilang, bersihkan tangan menggunakan sabun dan air. Penghapus cat kuku juga bisa menghilangkan noda tinta yang tertinggal pada pengering hijab.

  1. Pasta gigi 

Pasta gigi hanya bisa digunakan untuk menghapuskan noda tinta pada beberapa bahan dan juga tinta. Oles pasta gigi non-gel pada noda dan gosok dengan kuat. Setelah noda hilang, bilas menggunakan air. Jika masih meninggalkan noda, ulangi prosesnya hingga keseluruhan tinta hilang. 

 

Ada beberapa cara untuk menghilangkan bekas noda kunyit  yaitu 

 

 

  • Membersihkan Dengan Jeruk Nipis

 

Cara membersihkan hijab akibat noda kunyit lain yang mudah dan murah adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Nah, pertama-tama belah jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Selanjutnya, gosokkan bagian dalam jeruk nipit ke bagian hijab yang ada noda kunyitnya. Setelah noda menghilang kemudian bersihkan dan bilas seperti biasa.Cukup mudah bukan?

Selain jeruk nipis, anda juga bisa menggunakan jenis jeruk yang lain yakni jeru lemon. Caranya juga hampir sama yakni dengan menggosokkan potongan lemon pada bagian yang kotor. Kemudian jemur hijab hingga noda mulai memudar. Setelah itu cuci kembali dengan menggunakan deterjen. Memang pengerjaannya terhitung dua kali. Namun, kalau untuk mendapatkan hasi maksimal kenapa tidak dicoba?

  •  Membersihkan Dengan Cuka

 

Lagi-lagi cuka menjadi salah satu bahan dapur yang mempunyai banyak fungsi dalam membersihkan berbagai noda yang menempel pada hijab anda. Untuk kali ini, bagaimana cara mengaplikasikannya? Basahi daerah yang terkena noda kunyit dengan menggunakan air. Selanjutnya, olehkan sabun atau krim cuci piring ke bagian noda tersebut. Nah, diamkan kurang lebih 20 menit hingga 30 menit, supaya membuat sabun bekerja. Selanjutnya, baru cuka dipakai. Penggunaannya mudah saja, yakni dengan menuangkan sedikit cuka putih untuk membersihkan noda-noda yang masih tertinggal.

Selain pada hijab noda kunyit juga kerap menempel pada jari. Biasanya itu muncul saat kita mengupas kunyit untuk memasak atau meramunya untuk dijadikan jamu. Caranya, oleskan minyak pada bagian jari yang terkena noda kunyit yang kuning. Minyak yang bisa digunakan bermacam-macam mulai dari minyak kayu putih, minyak zaitun, atau pun minyak jarak. Selanjutnya gunakan kain untuk membersihkan. Jika masih belum hilang, anda bisa melakukannya berulang kali.

Selanjutnya cara menghilangkan noda sirup pada hijab yaitu 

Garam

Membubuhkan garam pada noda tinta yang masih basah bisa mempermudah proses menghilangkannya. Usap garam dengan kertas tisu basah, kemudian sikat sisa-sisa garam. Ulangi hingga noda benar-benar terangkat.

 

Cara menghilangkan noda bintik hitam pada hijab yaitu 

Menghilangkan noda bintik dengan sintrum 

Rebus air sampai hangat, tidak perlu sampai mendidih, Lalu masukkan dalam ember. Air hangat yang yang dibutuhkan relatif, setidaknya bisa untuk merendam hijabyang akan Anda putihkan.

Masukkan sitrun pada air hangat, dengan takaran setengah bungkus sitrun untuk 3-4 potong hijab yang akan direndam.

Rendam hijab yang akan Anda putihkan kedalam ember yang sudah berisi air hangat.

Cek setelah 10 menit pakaian direndam dalam air sitrun, jika masih terlihat atau ditemui noda. Cobalah untuk menyikat area noda dengan sikat.

Jika sudah hilang, bilas dengan air dan dilanjutkan mencuci seperti biasa dengan detergen dan pewangi. Jemur sampai kering. Lihat perubahannya.

Memutihkan hijab dengan sitrun ini terbukti jauh lebih efektif dan murah meriah dibandingkan dengan produk asli khusus untuk pemutih pakaian. Seperti Anda ketahui sitrun adalah salah satu larutan bersifat asam lemah. Larutan asam akan bereaksi dengan kotoran yang menempel pada hijab dan membersihkannya. Hal ini sama dengan detergent yang bersifat basa, memang menurut ilmu kimia, larutan asam dan basa dapat digunakan sebagai pembersih.

 








Komentar Artikel "Tips Cara Menghilangkan Noda di Hijab"