Tips Bangun Subuh Tepat Waktu - Alya Hijab

Tips Bangun Subuh Tepat Waktu

1 minggu yang lalu    

 

Assalamualaikum, sahabat Alya… 

Kali ini mimin memberikan tips agar bangun subuh tepat waktu. Oh yaa siapa nih yang kalau bangun subuh telat? Apakah kalian termasuk orang yang sulit bangun subuh? Atau justru pakai alarm buat bangungin. Mulai besok, tak perlu telat lagi. Karena Alya ada solusinya. 

Susah dan berat untuk bangun subuh

Ada beberapa sebab, misalnya mungkin sering begadang atau kurang tidur. Bisa juga karena ada maksiat yang dilakukan terus-menerus tanpa istigfar sehingga badan susah melakukan ketaatan, dan hati berat untuk dibawa beribadah. Bisa jadi yang sebelumnya kita bangun dengan mudah ketika adzan berkumandang, kemudian menjadi sulit bangun subuh karena maksiat. Hati mulai keras dan telinga sudah tidak peka lagi dengan suara adzan, badan pun berat dibawa untuk menjawab panggilan masjid.

Dosa dan maksiat bisa menutupi hati dan membuat malas beribadah. Dari Abu Shalih dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu , dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

إِنَّ الْمُؤْمِنَ إِذَا أَذْنَبَ ذَنْبًا نُكِتَ فِي قَلْبِهِ نُكْتَةٌ سَوْدَاءُ فَإِنْ تَابَ وَنَزَعَ وَاسْتَغْفَرَ صُقِلَ قَلْبُهُ وَإِنْ زَادَ زَادَتْ حَتَّى تَعْلُوَ قَلْبَهُ فَذَلِكَ الرَّانُ الَّذِي ذَكَرَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فِي الْقُرْآنِ: كَلَّا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Sesungguhnya seorang mukmin, jika melakukan satu perbuatan dosa, maka ditorehkan di hatinya satu titik hitam. Jika ia bertaubat, berhenti dan minta ampun, maka hatinya akan dibuat mengkilat (lagi). Jika semakin sering berbuat dosa, maka titik-titik itu akan bertambah sampai menutupi hatinya. Itulah” raan” yang disebutkan Allah ta’ala, ‘sekali-kali tidak akan tetapi itulah” raan” yang disebutkan Allah dalam Al Qur’an’ ”.[3]

 

Ada beberapa tips bangun subuh tepat pada waktunya : 

1. Segala perbuatan yang kamu lakukan harus diawali dengan niat yang benar. Jadi, ubah niat bangun pagimu dari “supaya gak telat ke sekolah” menjadi “ingin sholat subuh”

Supaya sekarang tidak malas-malasan lagi untuk sholat subuh, ubahlah niatmu. Jadikan bangun untuk melaksanakan perintah-Nya motivasimu untuk bangun pagi. Lagipula, otomatis karena ketika kamu melaksanakan sholat subuh pada waktunya kamu tidak perlu takut lagi pergi terlambat ke sekolah atau tempat kerja kok. Bangunnya saja sudah lebih pagi dari biasanya.

 

2. Tidurlah lebih awal, bahkan walau kamu masih punya hutang pekerjaan. Kamu pun bisa bangun untuk sholat malam lalu menuntaskan tugas sambil menunggu waktu subuh.

Tidur lebih awal memberikan lebih banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan tidur lebih awal, badanmu akan lebih mudah untuk terbiasa bangun pagi. Waktu subuh juga lebih produktif untuk menuntaskan pekerjaan daripada jika kamu terjaga semalaman alias begadang.

Tidurlah lebih awal pukul 21.00 dan bangun pukul 02.00 dini hari. Setelah sholat malam dan berdoa, isi waktumu dengan belajar atau menyelesaikan pekerjaan sambil menunggu datangnya waktu subuh.

 

3. Hindari makan berlebihan di malam hari. Ini bisa menyebabkan tidurmu terlalu nyenyak. Kamu juga akan bangun dengan badan yang capek.

Makan berlebihan akan menyebabkan kamu tidur lebih nyenyak dan bangun dalam keadaan capek. Kenapa? karena, ketika merasa kekenyangan, asupan oksigen kamu berkurang sekitar 20%-40% (5-10 detik), hal tersebut menyebabkan hiperventilasi (pernapasan berat) yang membutuhkan banyak energi, sehingga kita tidak bisa mendengarkan suara alarm ataupun mendengar adzan subuh yang berkumandang. 

4. Tidur dengan memiringkan badan ke kanan seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW akan memudahkan kamu bangun tidur.

Tidur dengan posisi memiringkan badan ke kanan akan menyebabkan posisi jantung kamu berada di atas, sehingga kamu tidak akan tidur terlalu nyenyak. Ini juga yang pada akhirnya akan membantumu mengembangkan kebiasaan bangun pagi.

5. Jangan ngulet atau berlama-lama main HP dulu. Begitu bangun tidur, bersegeralah mengambil air wudhu.

Jangan biasakan diri kamu untuk bermalas-malasan terlalu lama begitu bangun tidur. Alih-alih mengecek smartphone atau ngulet, bersegeralah untuk mengambil air wudhu. Menurut pakar kesehatan, wudhu akan merilekaskan otot-ototmu yang kaku, menormalkan detak jantung, dan mengembalikan tubuh yang lemah menjadi segar. Menurut pakar kesehatan, bagian tubuh yang dibasuh ketika berwudhu, merupakan bagian yang biasa digunakan sebagai titik pijat/akupuntur.

 

Sumber  : https://www.hipwee.com/tips/mulai-besok-tak-perlu-terlambat-sholat-subuh-lagi-dengan-cara-cara-ini/

https://muslim.or.id/36532-kiat-agar-mudah-bangun-shalat-subuh.html


 







Komentar Artikel "Tips Bangun Subuh Tepat Waktu "