Muslimah Harus Hindari 6 Sifat Ini - Alya Hijab

Muslimah Harus Hindari 6 Sifat Ini

6 hari yang lalu      info menarik

 

Begitu terhormatnya seorang wanita karena wanita adalah ratu yang sangat dimuliakan dalam islam, ratu yang memiliki sebuah mahkota di kepala. Hingga menyentuhnya tidak semua orang bisa, hanya orang tertentu yang dapat menyentuhnya dengan leluasa, begitulah wanita muslimah yang hanya dapat tersentuh oleh mahramnya.

Tetapi kita sebagai wanita biasa juga seringkali melakukan kesalahan-kesalahan walaupun itu sekecil apapun. Dan di zaman ini banyak sekali wanita yang berperilaku kasar tanpa memiliki rasa malunya sebagai wanita. Sebagaimana wanita harus menghindari sifat-sifat yang dibenci oleh Allah Swt.

Berikut ini adalah 5 sifat yang harus dihindari oleh Muslimah diantaranya yaitu :

1. Al-Annanah ( Suka Mengeluh )

Annanah adalah wanita yang suka mengeluh dan mengadu atas segala sesuatu yang tidak membuatnya puas. Wanita yang memiliki sifat Al-Annanah ini cenderung kurang bersyukur atas nikmat Allah Swt. Sifat ini juga sangat berpotensi menimbulkan perasaan iri dengki kepada orang lain. Padahal sudah sangat jelas bahwa Allah Saw tidak menyukai hamba-Nya yang berpenyakit iri dengki.

Wanita dengan sifat ini sungguh sangat dilaknat, dikisahkan Nabi Ibrahim pernah menyuruh anaknya Ismail untuk menceraikan istrinya karena mendapati istri tersebut gemar mengeluh dan menceritakan aib keluarganya.

2. Al-Haddaqah ( Boros ) 

Adalah wanita yang konsumtif atau suka berbelanja sesuatu yang tidak dibutuhkan. Al-Haddaqah mendorong wanita untuk berperilaku boros. Sedangkan perilaku boros adalah perilaku tercela yang dibenci Allah Swt. 

3. Al-Mananah ( Suka Mengungkit )

Adalah wanita yang suka mengungkit-ungkit kebaikan jasa yang telah diberikannya. Al-Mananah membuat wanita tidak ikhlas lillahita’ala dalam mengulurkan bantuannya. Ia akan mengungkit jasanya suatu hari nanti sebagai tanda balas budi yang sudah ia lakukan.

Wanita ini beranggapan bahwa dialah yang banyak berkorban untuk membangun rumah tangga. Dia suka mengungkit-ungkit apa yang dilakukan untuk kebaikan rumah tangga. Biasanya wanita ini bekerja atau berkedudukan tinggi dan bergaji besar.

4. Al-Hananah ( Suka membandingkan )

Adalah sifat menceritakan dan membanggakan orang di masa lalu. Wanita Al-Hananah adalah wanita yang sering membandingan orang lain dengan orang yang dia anggap lebih baik. Sifat ini akan terlihat berdampak ketika seorang wanita menikah lebih dari satu kali. Jika ia sedang bermasalah dengan suami keduanya, Al-Hananah akan cenderung membandingkan suami kedua dengan suami pertamanya. Hal ini tentu sangat mengancam keharmonisan sebuah rumah tangga.

5. Al-Baraqah

Adalah wanita yang suka dandan berlebihan setiap hari. Al-Barraqah ditakutkan akan meruntuhkan harga diri seorang wanita, karena seperti yang kita tahu, wanita yang dandan berlebihan akan lebih sering diganggu oleh lelaki daripada wanita yang hanya berdandan seadanya.

6. Asy-Syaddaqah (Banyak bicara)

Adalah wanita yang suka nyiyir dan banyak bicara. Wanita dengan sifat Asy-Syaddaqah suka mengomentari segala sesuatu, baik itu perbuatan terpuji maupun tercela. Wanita seperti ini akan selalu merasa paling benar.

(secara bahasa artinya: lebar sudut mulutnya), ia adalah tipe wanita yang banyak bicara, dalam hadits disebutkan, “Allah membenci orang tsartsarin (banyak cakap) mutasyaddaqin (banyak bicara).”

 

Seperti itulah sifat-sifat yang harus banyak dihilangkah oleh Muslimah. Karena kebanyakan wanita memiliki sifat-sifat diatas. Semoga setelah kita membaca artikel ini, dapat menjadi renungan diri sendiri ya… 

Dan semoga Allah Swt memberikan hidayah kepada kami wanita muslimah Aammin… 



Sumber  :

  1. https://media.ihram.asia/2017/03/15/6-sifat-yang-harus-dihindari-oleh-para-wanita-sekarang/
  2. https://muslimah.web.id/6-sifat-yang-harus-dihindari-wanita



Komentar Artikel "Muslimah Harus Hindari 6 Sifat Ini"