Menjaga kelestarian Alam - Alya Hijab

Menjaga kelestarian Alam

3 minggu yang lalu      info menarik

Kalian pasti tau alam. Apa yang kalian ketahui tentang alam? 

Alam merupakan bagian bumi yang yang tidak ada aktifitas manusia melainkan alam ini sebagai tempat yang masih natural, sehingga alam sangat dilindungi untuk kehidupan hewan dan makhluk-makhluk lainnya. 

Ada 3 jenis pembagian alam yaitu : daratan, lautan, dan udara. 

  • Daratan

D aratan merupakan tempat yang memiliki posisi yang lebih tinggi dari perairan, inilah dimana manusia bisa tinggal. Kawasan yang tidak digenangi oleh air ini mempermudah gerak manusia untuk melakukan kegiatannya. Mereka tidak membutuhkan alat khusus untuk melakukan kegiatan mereka di darat. Di darat, manusia dapat melakukan banyak kegiatan. Sebagai contoh, mereka dapat berburu dan berkebun. Untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buah-buahan yang dibutuhkan oleh tubuh, manusia harus menanam tamanan tersebut. Dalam berburu pun demikian, banyak hewan yang diburu tinggal di daratan sehingga manusia lebih banyak melakukan kegiatannya di darat.

  • Lautan

Lautan, Sebagian dari bumi ini ada perairan/lautan. Sayangnya manusia tidak bisa tinggal didalamnya, Karena sebagai manusia yang bernapas dengan paru-paru membutuhkan oksigen yang tidak sedikit dan itu hanya ada didarat. Di lautan memang ada oksigennya, namun manusia tidak bisa mendapatkannya karena oksigen itu bercampur dengan air dan kita tidak dapat menghirupnya. Manusia bisa ke lautan, hanya saja harus dibantu dengan beberapa perlengkapan misalnya saja kapal.

  • Udara

Udara merupakan bagian dari kehidupan yang sangat penting, jika tidak ada udara maka semua makhluk hidup akan mati tak terisisa. Karena udaralah yang membuat makhluk hidup bisa bernafas menghirup oksigen. Udara yang bersih dan sejuk adalah idaman bagi semua orang karena itulah kita sebagai generasi penerus harus selalu memperhatikannya.

Islam juga mengatur hal-hal yang berkaitan dengan  manusia dan alam. Melestarikan alam tidak hanya melindungi satwa saja tetapi juga turut melindungi proses ekologis sehingga sistem alam yang berjalan tidak terputus.

Terdapat dalam hadist sebagai berikut : 

   

 ( قَا لَ رَسُوْل اللهِ صلي اللهُ عليهِ وسلّمَ : اِرْحَمُوْا مَنْ فِي الاَرْضِ   يَرْحَمُكُمْ مَنْ في السماءِ (رواه البخار مسلم)

   

Artinya: “Sayangilah yang ada di bumi niscaya semua yang ada di langit akan menyayangi kalian”

 

(مَنْ اَحْي اَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَهُ   (رواه الترمذى)

 

 Artinya : “Barang siapa menghidupkan suatu bumi yang mati, maka bumi itu baginya”

Kandungan dari hadist diatas adalah nabi Muhammmad SAW melalui Al-Qur’an dan hadist mengajarkan kepada kita untuk memperhatikan kelangsungan kehidupan manusia dari ketergantungannya kepada lingkungan alam.

Dalam Al-Qur’an Allah Swt telah memperingatkan kita untuk tidak membuat kerusakan di atas muka bumi ini, firman Allah.Swt 

"Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)". (QS. 30 Ar Ruum : 41).

Maka dari itu menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga, merawat dan melestarikannya. Janganlah saling merugikan, cintailah alam untuk generasi penerus kita. Jangan sampai generasi penerus kita tidak bisa melihat pohon-pohon hijau yang rindang dan asri dan binatang binatang di masa depan nanti.

Cara menjaga dan melestarikan alam diantaranya yaitu : 

  • Membuang sampah pada tempatnya

Kalau semua orang membuang sampah pada tempatnya, lingkungan akan terlihat bersih dan indah. Pemandangannya pun akan terlihat bagus. Mahluk hidup lain pun akan ikut tersenyum karena tidak akan teracuni oleh sampah-sampah yang kita buang sembarangan.

  • Melakukan penghijauan alam

Penghijauan adalah kegiatan penting yang harus dijalankan demi menangani krisis lingkungan. Penghijauan adalah menanam kembali dan mengembalikan fungsi hutan. Penghijauan sangat berperan besar bagi kelangsungan hidup setiap makhluk hidup di bumi. Dengan demikian, maka kelestarian setiap makhluk hidup dapat terjaga dengan baik.

  • Merawat dan menjaga hutan

Hutan adalah paru-paru dunia. Seperti tubuh kita, paru-paru sangat penting untuk mengatur pertukaran oksigen dan karbondioksida dalam tubuh. Begitu pula hutan, ia sangat penting bagi kehidupan kita untuk memberikan udara yang segar dan sejuk. Bukan hanya bagi kehidupan kita, tapi juga hewan-hewan yang tinggal di hutan. Jika hutan ditebangi untuk kepentingan manusia sendiri, selain suplai oksigen di bumi menjadi berkurang, hewan-hewan pun akan kehilangan tempat hidupnya. Oleh karena itu, pelestarian hutan sangatlah penting kita lakukan. 

  • Tidak merusak ekosistem alam

Jika kita terus menerus melakukan perusakan terhadap ekosistem, maka dampak negatifnya akan kita rasakan, baik setalahnya maupun suatu saat nanti, cepat atau lambat. Oleh karena itu, sudah saatnya bagi kita selaku umat manusia yang mempunyai akal sehat untuk senantiasa memiliki akhlaq atau prilaku yang baik, menyadari dan senantiasa peduli terhadap keseimbangan ekosistem di lingkungan kita maupun di luar lingkungan kita. Selain itu, hindari juga sifat egois dan serakah dan juga selalu ingat bahwa hidupmu bukan hanya untuk dirimu saja.

 

 Sumber  :  

  1. https://tantinalfir.wordpress.com/2017/08/15/mengapa-kita-perlu-menjaga-hutan/
  2. http://tnbukitduabelas.id/konten/“tanggung-jawab-manusia-terhadap-kelestarian-alam-dalam-al-qur’”



Komentar Artikel "Menjaga kelestarian Alam"