Manfaat Shalat Tahajjud Bagi Kehidupan Sehari-hari dan Kesehatan - Alya Hijab

Manfaat Shalat Tahajjud Bagi Kehidupan Sehari-hari dan Kesehatan

4 bulan yang lalu      info menarik

Shalat tahajud merupakan shalat sunat yang dikerjakan pada malam hari yaitu waktu yang utama sepertiga malam yaitu antara jam 03.00. Dimana disepertiga malam merupakan waktu yang sangat mustajabah untuk berdoa (doanya akan terkabul). Beberapa manfaat shalat tahajud adalah sebagai berikut:

1. Penghapus dosa serta mencegah berbuat dosa

Shalat tahajud merupakan ibadah sarana mendekatkan diri kepada Allah. Jika kita ingin meminta sesuatu tentunya kita harus mendekatkan diri kepada yang akan kita mintai. Seperti kita ingin meminta ampunan atas dosa-dosa yang telah kita perbuat maka kita harus mendekatkan diri kepada Allah agar tobat kita diterima serta diampuni.

2. Jaminan masuk surga

Orang yang melaksanakan shalat tahajud dengan penuh keikhlasan maka jaminan masuk surga. Telah jelas diriwayatkan pada sebuah hadits yaitu jaminan masuk surga bagi orang yang melaksanakan shalat tahajud

3. Pikiran jauh lebih tenang dan segar

Berbagai aktifitas kita lakukan seharian pastinya akan membuat badan kita butuh istirahat, setelah ita bangun pagi pada sepertiga malam maka kita akan merasakan pikiran kita jernih serta segar kembali. Pada waktu itu sangat bagus untuk merefresh pikiran kita sehingga beban-beban hidup akan terkurangi. Mengadulah kepada Sang Pemilik alam ini maka hanya kepadanya kita meminta dan akan diberi apa yang menjadi hajat kita.

4. Memperoleh cinta dan ridho Allah

Ketika orang-orang yang lain sedang menikmati tidurnya, tetapi orang mukmin bangun dan memilih meninggalkan kenyamanan tidur dan membunuh syahwatnya. Mereka bangun melaksanakan shalat tahajud untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dan janji Allah nyata bahwa orang-orang yang senantiasa mendekat dan meminta kepada-Nya maka akan dikabulkan.

5. Dikabulkannya doa-doa

Shalat sunat tahajud merupakan shalat sunat yang dianjurkan karena janji Allah telah jelas bahwa orang yang mau melaksanakan shalat tahajud kemudia setelahnya meminta sesuatu maka akan diberikan, memohon ampun maka akan diampuni, siapa yang berdoa akan dikabulkan.

6. Penyebab khusnul khotimah

Mati pasti akan menjempu setiapmakhluk yang bernyawa tak terkecuali kita. Saat kita menjemput ajal maka satu yang menjadi point penting yaitu khusnul khotimah. Khusnul khotimah akan menentukan kita masih dalam keadaan islam dan iman atau tidak saat nyawa kita dicabut.

Semoga kita istiqomah dalam menjalankan ibadah sholat tahajjud.




Komentar Artikel "Manfaat Shalat Tahajjud Bagi Kehidupan Sehari-hari dan Kesehatan"