Makanan Sehat Untuk Keluarga Sehat - Alya Hijab

Makanan Sehat Untuk Keluarga Sehat

1 bulan yang lalu    

 

Menu adalah suatu susunan beberapa macam hidangan yang disajikan pada waktu tertentu. Menu dapat terdiri dari satu macam hidangan yang lengkap atau tidak lengkap, juga dapat berupa hidangan untuk makan atau sarapan pagi, untuk makan siang atau makan malam saja ataupun hidangan makan untuk satu hari penuh dengan atau tampa makan selingan.

Syarat Menyusun menu

Pada Waktu menyusun menu perlu diperhatikan beberapa hal, yakni : Nilai gizi, biaya yang tersedia, mudah diselenggarakan dan dapat diterima oleh setiap anggota keluarga.

  1. Nilai gizi Makanan

Mutu Gizi Makanan setiap anggota keluarga harus dapat dipenuhi.Untuk itu pada waktu menyusun menu perlu diperhatikan :

  • Penggunaan beranekaragam bahan makanan dalam menu sehari-hari.
  • Banyaknya bahan makanan harus dapat memenuhi kecukupan gizi anggota keluarga.
  • Setiap anggota keluarga memperoleh makan sesuai kebutuhan gizinya.

Sebagai pedoman memilih bahan makanan dan menyusun menu dapat digunakan padanan berbagai kelompok Bahan Makanan. Untuk menghitung banyaknya bahan makanan yang dibutuhkan, dapat dilihat dalam uraian selanjutnya.

  1. Biaya yang tersedia.

Perencanaan menu yang tepat dan cermat dapat membantu menghasilkan hidangan yang sesuai dengan biaya yang tersedia tanpa mengabaikan mutu gizi makanan. Gunakanlah bahan makanan sesuai musimnya, karena pada umumnya harga lebih murah.

  1. Mudah diselenggarakan.

Perencanaan menu harus disesuaikan dengan tenaga, waktu dan peralatan yang tersedia. Bagi ibu yang bekerja atau tidak mempunyai pembantu rumah tangga, perlu mempertimbangkan keterbatasan waktu dalam menyelenggarakan makanan. Untuk menghemat tenaga dan waktu janganlah merencanakan menu yang terlalu banyak.

Menu yang terdiri dari nasi,1 macam lauk hewani, 1 macam lauk nabati, 1 macam sayuran dan 1 macam buah sudah cukup memenuhi keaneka ragaman dalam hidangan sehari – hari.

  1. Diterima anggota Keluarga

Menu yang memenuhi syarat gizi, terjangkau daya beli keluarga dan mudah penyelenggaranya, harus dapat diterima seluruh anggota keluarga.

Oleh karena itu perlu dipertimbangkan:

  • Variasai penggunaan bahan makanan dan cara memasaknya, agar tidak membosankan.
  • Kombinasi Rasa, bentuk dan warna masakan yang tepat serta cara penyajian yang rapi,bersih dan menarik akan menimbulkan selera makan.
  • Perhatikan kesukaan dan ketidak sukaan (selera ) anggota keluarga terhadap makanan/bahan makanan tertentu.
  • Makanan untuk bayi dan anak balita perlu dimasak tersendiri, karena kemampuan menerima
  • berbagai macam makanan berbeda dengan orang dewasa.
  • Perhatikan kebutuhan makanan bagi anggota keluarga yang sedang sakit, hamil atau menyusui.

Meski telah menyadari manfaatnya, menghidangkan makanan sehat untuk keluarga seringkali terkendala kesibukan. Jadwal padat dan jam kerja yang panjang memaksa Anda untuk menyajikan makanan praktis dan simpel, sehingga kurang memperhatikan faktor kesehatannya. Jika saja dipersiapkan jauh hari, sebenarnya memasak makanan sehat untuk keluarga setiap hari, sangat memungkinkan. Dibutuhkan komitmen yang kuat untuk menjalaninya.

Seperti yang diketahui, anak meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Layaknya sebuah ungkapan “semua berawal dari rumah”, ayo perbaiki kebiasaan di rumah dengan mengkonsumsi makanan sehat.

  • Sarapan yang cukup Jangan berangkat sebelum sarapan. Baik anak maupun Anda membutuhkan asupan yang cukup mengingat aktivitas di luar sana akan menyita tenaga. 
  • Cukupi asupan serat saat makan siang Tahukah Anda bahwa kebutuhan serat tubuh manusia yang ideal setiap harinya adalah 30 gram? Sayang, pola makan yang telah dibiasakan di Indonesia hanya di angka 10.5 gram setiap harinya. Untuk itu, usahakan makan susunan menu lengkap di siang hari. Jadikan nasi, sayur, lauk pauk, serta buah sebagai menu wajib makan siang.
  • Makan malam yang tepat Usahakan makan malam lebih awal, maksimal dua jam sebelum tidur, agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk mencerna sebelum tidur. Bahkan beberapa ahli gizi mengatakan, mereka yang memiliki penyakit pencernaan, rata-rata biasa makan larut malam. Usahakan makan malam dengan porsi tidak berlebihan. 
  • Menjaga kesehatan tubuh dan mulut Dalam menjaga pola makan sehat keluarga, hal yang juga sangat perlu dijaga adalah higienitas dari bahan makanan tersebut. Pilih sayuran dan buah-buahan yang masih segar. 

 

Sumber : https://lifestyle.kompas.com/read/2010/08/29/11293961/menyusun.makanan.sehat.untuk.keluarga .








Komentar Artikel "Makanan Sehat Untuk Keluarga Sehat "