Kreativitas apa yang kamu miliki? - Alya Hijab

Kreativitas apa yang kamu miliki?

3 minggu yang lalu      info menarik

 

Apa yang kalian ketahui tentang kreatif? Apa sih kreatifitas yang kamu miliki ? Kalian pernah membuat kreatifitas dari imajinasi dari kalian sendiri? 

Banyak orang yang bilang orang pintar akan kalah dengan oraang yang kreatif? Nah kali ini membahas tentang orang yang kreatif. Sebelum itu, fahami apa sih artinya kreatif itu? 

Kreatif merupakan kemampuan seseorang yang dapat menciptakan hal yang baru, atau merubah bentuk yang asli menjadi suatu objek yang menarik. 

Kreativitas adalah seni yang saling penghubung di segala suatu di alam semesta. Dengan kata lain, kreativitas mengumpulkan ide-ide  yang belum pernah ada. Salah satunya meilhat sekeliling dunia, semua yang dilihat dan didengar menjadi saling terkait sehingga dapat menciptakan sesuatu yang benar-benar baru.

Ada beberapa ciri-ciri orang yang kreatif yaitu : 

  • Suka berimajinasi 

Orang kreatif biasanya selalu  berimajinai diluar batas kemampuan, hal ini dikarenakan otak kanan orang kreatif lebih dominan dibandingkan dengan otak kiri dalam berfantasi. Fantasi-fantasi itulah yang bikin orang kreatif mengkhayal yang mendapkatkan ide  atau suatu objek kreatif yang tidak dapat disangka.

  • Suka tantangan 

Bagaimana tidak orang kreatif suka tantangan. Tantangan itulah yang membuat orang kreatif banyak ide-ide. Bahkan ketika gagal. Kegagalan itulah yang dapat menumbuhkan rasa semangat dalam dirinya. Hal ittu dianggap sebuah pelajaran. Dan ada kepuasan tersendiri ketika  ia berhasil melalui kesulitan yang ia hadapi.

  • Orang kreatif selalu ingin tahu

Setiap orang terlahir memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Rasa ingin tahu mendorong mereka untuk mengeksplorasi dan akhirnya mendaptakan pengetahuan, sehingga mereka bisa menciptakan pemahaman akann dunia dan alam. Akan tetapi, mereka mungkin saja bisa menciptakan hal yang baru saat mereka tanpa sadar menghubung-hubungkan pengetahuan yang tadinya tak terkait.

  • Suka mancari pengalaman yang baru

Beberapa orang mungkin berfikir bahwa mencari pengalaman baru dalam hidup memerlukan sesuatu yang besar. Yang harus mereka lakukan adalah mencoba hal-hal baru untuk menjadi kreatif. 

  • Suka melakukan kalobarsi 

Orang yang kreatif juga memahami bahwa dengan berkaloborasi mereka akan menjadi sangat  kuat. Ketika dua pikiran orang kreatif digabungkann menjadi satu, maka ide-ide baru akan bermunculan, sehinggan akan menciptakan suatu objek yang menarik. Dan berpotensi melahirkan sesuatu yang luar biasa dan menakjubkan.

  • Suka memperhatikan sekeliling 

Kenapa orang kreativitas suka memperhatikan sekitar? Karena bagi mereka yang berfikir kreatif akan melihat benda-benda di sekitarnya dengan minat yang lebih. 

Orang kreatif terbiasa mengamati bendaa-benda dengan seksama ketika ia lewati. Bagi mereka yang benda-benda itu biasa justru  orang yang kreatif akan melihat benda-benda itu menjadi sumber inspirasi. 

Terkadang orang yang kreatif bisa menciptakan beragam  objek yang menarik, bahkan bisa menghasilkann uang baggi  mereka. Setelah mereka berfikir lagi, Oh iya bisa buat dijual apalagi berwirausaha sendiri. Dan itu akan bisa mengembangkan kretivitas tanpa batas.   

Kreativitas juga mengajarkan betapa pentingnya proses daripada hasil. Terkadang apa yang kita inginkan tidak sesuai harapan, dan inilah mengapa kita harus berkonsentrasi pada proses daripada hasilnya. 

Sumber  : 

  1. https://www.pahlevi.net/pengertian-kreatif/
  2. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-kreatif.html

 

 




Komentar Artikel "Kreativitas apa yang kamu miliki?"