Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari Jum'at - Alya Hijab

Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari Jum'at

2 bulan yang lalu      info menarik

Surat Al Kahfi adalah salah satu surat dalam Al-Qur’an yang terletak di bagian akhir juz 15 dan di awal juz 16. Surat Al Kahfi ini termasuk surat Makiyyah, atau surat yang diturunkan di Kota Makkah. Surat Al Kahfi berjumlah 110 ayat dan menempati urutan ke 18 dari 114 surat yang ada dalam Al Qur’an.

Betapa banyak orang lalai dari amalan yang satu ini ketika malam Jum’at atau hari Jum’at, yaitu membaca surat Al Kahfi. Atau mungkin sebagian orang belum mengetahui amalan ini. Padahal membaca surat Al Kahfi adalah suatu yang dianjurkan (mustahab) di hari Jum’at karena pahala yang begitu besar sebagaimana berita yang dikabarkan oleh orang yang benar dan membawa ajaran yang benar yaitu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Perhatikan hadits berikut

 

Hadits pertama:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

 

Hadits kedua:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Surat Al kahfi adalah salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat jika dibaca dan diamalkan dengan benar oleh umat Islam. Surat ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca umat Muslim pada hari Jum’at atau malam Jum’at. Sebenarnya tak harus hari Jum’at saja, namun sangat dianjurkan pada hari tersebut. Karena hari Jum’at adalah hari yang baik bagi umat Islam di seluruh dunia.

 

Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari Jumat sebagai berikut

  1. Terlindung dari fitnah Dajjal yang kejam
  2. Kita Akan Mendapatkan Cahaya Penerang dari Allah
  3. Membaca Surat Al-Kahfi hidup menjadi berkah 
  4. Kita Akan Mendapatkan Ampunan dari Allah SWT
  5. Mendapat ampunan dari Allah 
  6. Dapat Menghindarkan Kita dari Gangguan Setan
  7. Terlindung dari godaan jin dan setan serta keburukan



Keistimewaan bagi penghafal surah Al-Kahfi

Pertama, dijaga/dilindungi dari Dajjal bagi yang hafal 10 ayat pertama

عَنْ أَبِى الدَّرْدَاءِ أَنَّ النَّبِىَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُوْرَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ. رواه مسلم وأبو داود والنسائي والترمذي

Dari Abu Darda’, bahwasannya Nabi SAW bersabda, “Barang siapa hafal sepuluh ayat pertama dari surah Al-Kahf maka ia akan dijaga/dilindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim, Abu Daud, An-Nasa’i dan At-Tirmidzi).

 

Kedua, dijaga/dilindungi dari fitnah Dajjal bagi yang membaca sepuluh ayat terakhir

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ مَنْ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ آخِرِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ. رواه احمد.

Dari Abu Darda’, dari Nabi SAW, bahwasannya beliau bersabda, “Barang siapa membaca sepuluh ayat terakhir dari surah surah Al-Kahf, maka ia akan dijaga/dilindungi dari fitnah Dajjal.” (HR. Ahmad)

Hadis-hadis tersebut menunjukkan bahwa membaca sepuluh ayat pertama, sepuluh ayat terakhir atau sepuluh ayat manapun dari surah Al-Kahf merupakan penjaga diri dari fitnah Dajjal.

Semoga Allah selalu memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan untuk beramal sholeh sesuai tuntunan Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat. Wa shollallahu ‘ala nabiyyiina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

 

Sumber

https://www.google.com/search?q=keutamaan+al+kahfi+di+jumat&rlz=1C1AVFC_enID854ID854&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwi1x6W4xvTjAhUg73MBHUmBDhkQ_AUIECgB&biw=1366&bih=618#imgrc=QV_BXRS2lRgArM:

https://rumaysho.com/202-jangan-lupakan-membaca-surat-al-kahfi-di-hari-jumat.html

https://islami.co/ini-tiga-keutamaan-baca-surat-al-kahf-di-hari-jumat/

https://www.boombastis.com/baca-al-kahfi-hari-jumat/56455

 




Komentar Artikel "Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari Jum'at"