Kecerdasan bagi Seorang Pemimpin - Alya Hijab

Kecerdasan bagi Seorang Pemimpin

1 minggu yang lalu      info menarik

 

Pada hakikatnya setiap manusia adalah seorang pemimpin dan setiap orang akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Manusia sebagai pemimpin minimal harus mampu memimpin dirinya sendiri. 

Kepemimpinan dalam islam pertama kali dicontohkan oleh Rasulullah Saw, kepemimpinan Rasulullah tidak bisa dipisahkan dengan fungsi kehadirannya sebagai pemimpin spiritual dan masyarakat. Prinsip dasar kepemimpinan beliau adalah keteladanan. Dalam kepemimpinannya mengutamakan uswatun khasanah pemberian contoh kepada para sahabatnya yang dipimpin. Rasulullah memang mempunyai kepribadian yang sangat agung, hal ini seperti yang digambarkan dalam Al-Qur'an :

Artinya: “Dan Sesungguhnya engkau Muhammad benar-benar berada dalam akhlak yang agung”. (Q. S. Al-Qalam/4)

Dari ayat di atas menunjukkan bahwa Rasulullah Saw memang mempunyai kelebihan yaitu berupa akhlak yang mulia, sehingga dalam hal memimpin dan memberikan teladan memang tidak lagi diragukan. Kepemimpinan Rasulullah Saw memang tidak dapat ditiru sepenuhnya, namun setidaknya sebagai umat Islam harus berusaha meneladani kepemimpinan-Nya.

Seorang pemimpin memiliki kecerdasan emosional Yaitu : 

  • Kesadaran Diri

Pemimpin yang memiliki kesadaran yang tinggi adalah pemimpin yang mengetahui tentang apa yang sedang ia rasakan, dan memahami bahwa emosi dan tindakan yang dilakukannya dapat mempengaruhi orang lain. Pemimpin yang memiliki kesadaran yang lebih tinggi juga bisa memahami yang jelas tentang kekuatan dan kelemahan dalam dirinya. 

  • Pengendalian Diri

Pemimpin yang memiliki sifat pengendalian diri ini jarang berkata kasar kepada orang lain, membuat keputusan terburu-buru dan emosional. Pemimpin yang pengendalian diri selalu dapat mengontrol dirinya dan tindakan yang di lakukannya.

  • Motivasi

Pemimpin yang memiliki motivasi diri adalah pemimpin yang  secara konsinten mengejar tujuan mereka, dan memiliki standar yang tinggi atas kualitas kerja yang mereka lakukan. Pemimpin dengan motivasi diri biasanya selalu optimis dan selalu mencari sisi positif atas situasi  yang dilakukannya.

  • Empati

Pemimpin dengan empati yang tinggi adalah pemimpin yang yang memiliki  kemampuan untuk menempatkan diri mereka dalam situasi orang lain. Mereka selalu membantu anggota timnya untuk mengembangkan diri, dan mau mendengarkan keluhan mereka. Pemimpin yang memiliki empati yang tinggi cenderung akan mendapatkan respek dan loyalitas dari anggota timnya.

  • Keterampilan Sosial

Pemimpin yang memiliki keterampilan sosial yang tinggi adalah komunikator yang hebat. Selalu menciptakan keterampilan yang mereka inginkan. Pemimpin dengan keterampilan sosial juga mampu membangkitkan dukungan dari anggota timnya dan mampu membangkitkan semangat anggota timnya dalam tugas-tugas baru.

Sebagaimana hadits yang dijelaskan oleh Rasulullah Saw yakni: “ Setiap manusia adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan di mintai pertanggungjawabannya kepada orang-orang yang telah dipimpinnya .”

Dari hadist di atas, dapat diartikan bahwa semua manusia yang hidup di muka bumi ini adalah seorang pemimpin. Yang mana ia akan dimintai segala pertanggungjawabannya atas apa yang mereka kerjakan termasuk dalam urusan kepemimpinannya. Hal ini juga dipertegas akan firman Allah SWT yang berbunyi : “ Kelak pada hari kiaman nanti, Kami akan menutup mulut-mulut mereka, dan berkatalah kepada Kami mengenai tangan dan kaki mereka yang akan memberikan kesaksian tentang apa yang telah mereka perbuat selama hidupnya ”. (QS. Yasin/65)

Kemimpinan adalah amanah dari Allah Swt. bukan sesuatu yang diminta apalagi dikejar dan diperebutkan. Sebab kepemimpinan melahirkan kekuasaan dan wewenang yang gunanya semata-mata untuk memudahkan dalam menjalankan tanggung jawab melayani rakyat. Semakin tinggi kekuasaan seseorang, hendaknya semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bukan sebaliknya, digunakan sebagai peluang untuk memperkaya diri, bertindak zalim dan sewenang-wenang. Balasan dan upah seorang pemimpin sesungguhnya hanya dari Allah Swt di akhirat kelak, bukan kekayaan dan kemewahan di dunia.

Kriteria seorang pemimpin dalam pandangan islam : 

  1. Beriman dan beramal sholeh 
  2. Niat 
  3. Laki-laki
  4. Tidak meminta jabatan 
  5. Berpegang teguh dalam hukum Allah 
  6. Memutuskan perkara yang adil
  7. Menasehati rakyat jika salah 
  8. Tegas dan lemah lembut 

Sifat yang harus di miliki oleh seorang pemimpin : 

  1. Shidiq (selalu berkata yang benar) 
  2. Amanah (Dapat dipercaya)
  3. Fathonah (Cerdas dan bijaksana) 
  4. Tabliqh ( Menyampaikan kebenaran kepada orang lain )

 

Sumber : 

  1. http://kabar-pendidikan.blogspot.com/2011/04/pengertian-kepemimpinan-menurut-islam.html
  2. https://dalamislam.com/landasan-agama/aqidah/model-kepemimpinan-dalam-perspektif-islam
  3. https://bbppketindan.bppsdmp.pertanian.go.id/blog/kepemimpinan-dalam-islam-0



Komentar Artikel " Kecerdasan bagi Seorang Pemimpin"