Karena Adab diatas Ilmu !!! - Alya Hijab

Karena Adab diatas Ilmu !!!

1 bulan yang lalu      info menarik

Menurut bahasa, Adab memiliki makna: kesopan santunan atau kehalusan dan kebaikan budi pekerti.
Menurut Istilah, Adab ialah suatu ibarat tentang pengetahuan yg dapat menjaga diri dari segala sifat-sifat yang salah serta melatih diri dengan budi pekerti dan Akhlak mulia.

Habib Umar bin Hafidz pernah berkata, “Orang yang tinggi akhlaknya walaupun rendah ilmunya lebih mulia daripada orang yang tinggi ilmunya tapi kurang akhlaknya.”

Seseorang akan menjadi orang yang beradab dengan baik, apabila mampu menempatkan dirinya pada sifat kehambaan yg hakiki. Tidak merasa sombong / tinggi hati /meremehkan yang lain dan selalu Ingat bahwa apa yg ada dalam dirinya adalah pemberian-Nya. Maka, sifat-sifat tersebut telah di miliki oleh Rasulullah secara utuh dan sempurna, sehingga Dia memuji beliau dengan firman-Nya, yang Artinya:

“Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung." (QS. Al-Qalam : 4)

Jika engkau tidak beradab sedangkan engkau berilmu, maka berarti ilmumu tidak berupaya mendidikmu. Seseorang yang beradab padahal dia tidak berilmu maka itu lebih baik dibanding seorang yang berilmu tetapi tiada beradab. Jika ingin menyampaikan ilmu haruslah beradab, jika ingin menasihati haruslah beradab, jika ingin memberi teguran juga harus beradab, atau jika ingin memberi peringatan sekalipun haruslah di dalam adab.

Hujjatul Islam al Imam al-Ghazali di dalam kitab Ihya’ Ulumiddin menyatakan bahwa akhlak yang baik bisa terbentuk dari tiga faktor, yaitu:

1. Watak

Watak manusia asal mulanya terbentuk dari bawaan sejak lahir (fitrah) atau turunan kedua orang tuanya. Orang tua sangat berperan dalam pembentukan karakter seorang anak. Pepatah mengatakan,”buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.” Maksudnya, watak seorang anak tidak akan berbeda jauh dari orangtuanya.

2. Kebiasaan

Ketika seseorang melakukan kebiasaan yang baik, maka orang tersebut akan mempunyai akhlak yang baik juga. Sebaliknya, jika melakukan kebiasaan yang tidak baik, maka akhlak orang tersebut akan punya kecenderungan tidak baik. Sebuah pernyataan mengatakan:

اَلْعَادَةُ إِذَا غَرِزَتْ صَارَتْ طَبِيْعَةً

“Kebiasaan yang dilakukan terus menerus akan menjadi sebuah watak (karakter)”.

3. Pendidikan

Akhlak seseorang dapat terbentuk dengan siapa dia berteman dan berinteraksi. Apabila ia berinteraksi dengan orang yang baik, ia akan menjadi baik. Begitu juga sebaliknya, karena ia akan mendapat pembelajaran dari orang-orang yang ada di sekelilingnya, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada karakeristik orang tersebut.

  Dari penjelasan-penjelasan di atas, dapat di ambil pengertian bahwa Adab sangatlah penting, karena mencerminkan baik buruknya seseorang, mulia hinanya seseorang, terhormat tercelanya nilai seseorang. Maka jelaslah bahwa seseorang itu bisa mulia dan terhormat di sisi-Nya dan manusia lainnya, apabila mampu memiliki Adab yang Baik.




Komentar Artikel "Karena Adab diatas Ilmu !!!"