Jika ingin do'a dikabulkan, ini tata cara berdo'a menurut ajaran Rasulullah. - Alya Hijab

Jika ingin do'a dikabulkan, ini tata cara berdo'a menurut ajaran Rasulullah.

2 bulan yang lalu      info menarik

Sebagai umat Islam, kita harus selalu berdo’a. Allah menyukai orang-orang yang dekat dengan-Nya dengan cara berdo’a. Dengan berdo’a, itu menunjukkan bahwa kita tidaklah sempurna. Usaha tanpa doa adalah sombong, dan sebaliknya, usaha tanpa doa adalah sia sia.

Seringkalii kita berharap akan apa yang kita harapkan (keberhasilan). Bahkan, harapan kita yang terlalu jauh atau impian kita yang terlalu banyak, membuat kita bingung merealisasikan dan memprioritaskannya. Suatu ketika ada orang sukses (terlihat dari apa yang mereka punya) lalu kita berpikir bahwa dia sukses karena kerja kerasnya. Secara logika memang benar. Namun apakah kita selalu berpikir bahwa kesuksesan seseorang tidak akan berbuah jika tidak disertai doa???

Kata ‘Aisyah r.a.:”Nabi SAW menyukai doa-doa yang padat dan berisi, dan meninggalkan doa-doa yang tidak demikian halnya.” Berikut ini adalah adab berdoa yang dicontohkan oleh Rasulullah ☺
.
1. Mencari waktu yang mustajab
Berdoa yang dicontohkan Rasulullah adalah berdoa dengan mencari waktu yang mustajab, seperti hari Arafah, Ramadhan, sore hari Jumat, dan waktu sahur atau sepertiga malam terakhir. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta, akan Aku beri, dan siapa yang memohon ampunan pasti Aku ampuni’.” (HR. Muslim)
.
2. Memulai doa dengan memuji Allah dan bershalawat kepada Rasulullah
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mendengar ada orang yang berdoa dalam shalatnya dan dia tidak memuji Allah dan tidak bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian beliau bersabda, “Orang ini terburu-buru.” kemudian beliau bersabda, “Apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian berdoalah sesuai kehendaknya.” (HR. Ahmad, Abu Daud dan dishahihkan Al-Albani
.
3. Berdoa dengan menghadap kiblat dan mengangkat tangan
Dari Jabir radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berada di Padang Arafah, beliau menghadap kiblat, dan beliau terus berdoa sampai matahari terbenam. (HR. Muslim) Rasulullah juga mencontohkan untuk membaca doa sambil mengangkat tangan, namun beliau tidak mencontohkan melihat ke atas ketika berdoa.
.
4. Berdoa dengan khusyu, merendahkan hati, dan penuh harap
Allah berfirman, “Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoakepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada Kami.” (QS. Al-Anbiya’: 90)
.
5. Mengulang doa
Mengulang doa yang diinginkannya merupakan suatu tanda kesungguhan dalam berdoa. Ibn Mas’ud mengatakan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila beliau berdoa, beliau mengulangi tiga kali. Dan apabila beliau meminta kepada Allah, beliau mengulangi tiga kali. (HR. Muslim)
.
6. Tidak tergesa-gesa agar segera dikabulkan dan menjauhi rasa tidak yakin
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Akan dikabulkan (doa) kalian selama tidak tergesa-gesa. Dia mengatakan, ‘Saya telah berdoa, namun belum saja dikabulkan‘.” (HR. Bukhari dan Muslim)
.
Semoga bermanfaat, dan jangan lupa sebarkan ke orang yang kita sayangi.
karenaa... “Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893).




Komentar Artikel "Jika ingin do'a dikabulkan, ini tata cara berdo'a menurut ajaran Rasulullah."