Jangan Pernah Mengeluh - Alya Hijab

Jangan Pernah Mengeluh

2 bulan yang lalu      info menarik

Sering mengeluh adalah sifat normal yang ada pada semua manusia. Kita pasti sering mengeluhkan tentang berbagai hal yang terjadi di dalam diri kita. Biasanya, kita berusaha meyakinkan orang-orang di sekitar kita bahwa kita adalah orang yang paling menderita, paling sial, paling lemah dan sebagainya. Dan ujung-ujungnya adalah, kita sering mengatakan bahwa Allah itu tidak adil karena tidak memberikan semua yang kita butuhkan.

Sebenarnya, kita perlu memotivasi diri kita sendiri agar tidak terlalu sering mengeluh. Sebenarnya, kita perlu memberitahu diri kita sendiri bahwa rasa sakit dan kesedihan  pasti akan berbuah manis jika kita bisa menghadapinya dengan penuh kesabaran. Begitu juga kita dilimpahkan keberkahan dan kebahagiaan. Jika kita tidak bersabar dengan semua nikmat tersebut, maka yang ada adalah nikmat tersebut akan terlihat kecil, tidak berarti dan akan berlalu begitu saja.

 

La Tahla wa La Tahzan 

“Janganlah mengeluh dan janganlah bersedih”

Ingatlah ->

Innallaha Ma’ana

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Sesungguhnya Allah bersama kita, Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya (Q.S. Al-Baqarah : 286)

 

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan” (Q.S. Al-Insyirah : 6)

Jadi jika ada masalah jangan menyerah yaa, karena sesungguhnya bersama kesulitan itu akan ada kemudahan. In syaa Allah.

 

Kenapa harus aku yang menanggung musibah ini?

Kenapa hidupku sesuram ini?

Berat sekali beban hidupku.

Aku tak bisa melakukan ini.

Aku tak sanggup lagi.

 

Manusia memang suka sekali mengeluh. Apalagi seorang wanita, sering sekali. Siapa yang tak kenal hati wanita? Wanita mempunyai hati selembut kapas, penuh simpati, mudah terbawa suasana, dan mudah pula rapuh hatinya. Kita tahu bahwa selembut-lembutnya hati seorang laki-laki masih lembut hati seorang wanita yang paling tegar sekalipun. Kita tak bisa menyangkalnya, hati kita sangatlah rapuh. Ketika merasa tertekan, kita merasa penderitaan yang sangat menyakitkan. Namun perlukah kita mengeluh?

 

Sesungguhnya kesulitan dan cobaan adalah bagian dari hidup. Kita mungkin bertanya-tanya kenapa masalah itu ada? Kenapa masalah itu menimpa kita? Sesungguhnya itu adalah ujian dari Allah SWT. Lalu mengapa Allah menguji kita?

 

أَحَسِبَ ٱلنَّاسُ أَن يُتۡرَكُوٓاْ أَن يَقُولُوٓاْ ءَامَنَّا وَهُمۡ لَا يُفۡتَنُونَ (٢) وَلَقَدۡ فَتَنَّا ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِهِمۡ‌ۖ فَلَيَعۡلَمَنَّ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ صَدَقُواْ وَلَيَعۡلَمَنَّ ٱلۡكَـٰذِبِينَ (٣)

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ’Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS. Al-Ankabut: 2-3)

 

Kita sering mengeluh akibat kita tidak bersyukur, kita tidak melihat orang-orang yang ada di sekeliling kita, ada orang yang mendapatkan masalah yang jauh lebih berat dari yang kita hadapi. Ingatlah mereka yang kurang beruntung. Kita akan sadar bahwa masalah yang kita punya hanyalah sebagian kecil dari seluruh permasalahan yang ada di bumi ini. Kita sering mengeluh saat kenyataan yang terjadi ternyata tidak sesuai dengan harapan kita. Mengapa hal tersebut terjadi? Ingat hanya Allah yang tahu apa yang terbaik untuk kita, dialah Sang Perencana Terbaik yang pernah ada. Berbaik sangkalah kepada Allah. Jangan mengeluh ukhti! Bisa saja hal yang tidak kita inginkan tersebut memang kita perlukan nantinya. Syukuri apa yang kita miliki saat ini dan manfaatkan sebaik-baiknya.

 

Semua ujian yang diberikan oleh Allah pasti bisa kita hadapi jika kita yakin dan terus berusaha. Mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah malah hanya akan memperparah keadaan. Mengeluh tidak akan memperbaiki semuanya. Bahkan mengeluh hanya akan menciptakan energi negatif, seperti rasa marah dan putus asa. Kita pasti bisa menyelesaikannya.

 

Dan janganlah merasa putus asa dan bersedih ketika mendapatkan masalah. Jangan pernah menyerah, kegagalan itu boleh saja terjadi, seperti pepatah mengatakan badai pasti berlalu. Benar. Semuanya akan kembali normal. Masih ada masa depan yang perlu dijalani. Bersabar ukhti, Rasulullah saja begitu sabarnya menghadapi kaum Quraish yang menyakiti beliau saat menyebarkan agama Islam. Bersyukur ukhti, jangan mengeluh!

 

Bukankah sudah jelas? Allah sudah menjawab semua pertanyaan kita di dalam Al Qur’an, jauh sebelum masalah itu datang menghampiri kita. Apabila sudah merasa tidak sanggup lagi, mintalah pertolongan kepada Allah SWT. Kita tidak pernah sendirian. Jangan mengurung diri dan lantas bersedih hati. Kita bisa bercerita kepada teman atau sanak saudara, namun dengan tujuan untuk menemukan solusi permasalahan tersebut bukannya untuk melebih-lebihkan masalah atau bahkan menyalahkan keadaan.

 

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

 

“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan jalan sabar dan mengerjakan sholat; dan sesungguhnya sholat itu amatlah berat kecuali kepada orang-orang yang khusyuk Tiada daya dan upaya kecuali atas pertolongan Allah semata.” (QS. Al Baqarah: 45)



Sumber :

http://www.anakhebatindonesia.com/buku-la-tahla-jangan-mengeluh-sesungguhnya-mengeluh-itu-tak-membuatmu-tangguh-776.html

https://www.facebook.com/alwahijab/posts/la-tahla-wa-la-tahzan-janganlah-mengeluh-dan-janganlah-bersedihingatlah-innallah/10154953293016207/

http://yukkenalislam.blogspot.com/2016/10/la-tahla-jangan-mengeluh-ukhti.html

https://tafsirweb.com/1052-surat-al-baqarah-ayat-286.html  

https://tafsirweb.com/12838-surat-al-insyirah-ayat-6.html  

https://baitul-khair.or.id/2017/11/06/tafsir-surat-al-ankabut-2-3-ujian-kebenaran-iman/

https://tafsirweb.com/340-surat-al-baqarah-ayat-45.html  




Komentar Artikel "Jangan Pernah Mengeluh"