Hal-hal yang Membuat Urusan Kita Menjadi Mudah - Alya Hijab

Hal-hal yang Membuat Urusan Kita Menjadi Mudah

2 bulan yang lalu      info menarik

Yuk kita simak hal apa yang membuat urusan kita menjadi mudah

 

Rabbi Yassir wala Tu'assir "Ya Allah, permudahkanlah urusanku dan jangan Kau sulitkannya"

Baca setiap pagi.

 

Kata-kata yang mudah diucapkan. Mudah dituliskan dan mudah pula didengarkan. Namun tidak mudah dilaksanakan dan tidak mudah dilakukan. Bukan karena tidak mudah untuk dilakukan namun karena memang manusia ada kecenderungan untuk senangnya mempersulit orang lain.  Kalau bisa dipersulit kenapa dimudahkan, begitu barangkali dalam pemikiran orang-orang yang sukanya menyulitkan orang lain. 

Mudah dan memudahkan. Mudahkan urusan orang lain. Bantu dan  layani dengan baik. Kemudahan yang diberikan kepada orang lain akan kembali pada diri kita. Di suatu saat dan masa yang mungkin kita tidak mengiranya. Mungkin bukan pada diri kita namun bisa jadi pada keluarga kita, saudara kita, anak - anak kita yang merasakan efek perbuatan baik tersebut. 

Jangan sulit dan mempersulit. Tidak ada hal yang sulit di dunia ini, kalau kita selalu berpikir mudah dan memudahkan. Namun kalau kita senang mempersulit urusan orang lain, maka bisa jadi kita juga akan merasakan kesulitan di suatu waktu. 

Semua hal yang kita lakukan hakekatnya kembali pada diri sendiri. Untuk itu kita harus senantiasa berpikir mudah dan memudahkan. kalaupun kita menemui hambatan dan kegagalan maka, berpikirlah bahwa hambatan dan kegagalan tersebut akan membuat hikmah yang lebih baik.

 

Di dalam Al-Qur'an kita temukan, Allah menyatakan bahwa dien yang disyariatkan kepada hamba-hamba-Nya bukan untuk menyulitkan mereka,

وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُم في الدِّين مِنْ حَرَجٍ

" Dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. " (QS. Al-Hajj: 78)

 

Allah berfirman dalam menjelaskan kewajiban puasa yang berat dirasa sebagian orang,

يُريدُ الله بكُمُ اليُسْرَ وَلا يُريدُ بِكُمُ العُسْر

" Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. " (QS. Al-Baqarah; 185)

 

Allah juga menyebutkan prinsip kemudahan dalam mewajibkan wudhu',

مَا يُريدُ الله لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلكن يُريدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَةُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

" Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. " (QS. Al-Maidah: 6)

 

Atas dasar kemudahan ini pula amal-amal sunnah berjalan. Maka tidaklah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam diberi dua pilihan kecuali beliau memilih yang paling mudah, selama tidak mengandung dosa. Dan beliau senantiasa berdakwah kepada kemudahan, kelemahlembutan, dan tidak mempersulit.

 

Dari Anas bin Mali Radhiyallahu 'Anhu , ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

يَسِّرُوا وَلَا تُعَسِّرُوا وَبَشِّرُوا وَلَا تُنَفِّرُوا

" Permudahlah dan jangan persulit, berilah buatlah mereka gembira dan jangan buat mereka lari. " (Muttafaq 'Alaih)

Ini adalah arahan dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam kepada umatnya agar mereka menempuh jalan kemudahan dalam amal dan mu'amalah mereka dengan yang lain. Karena kemudahan itulah yang dikehendaki Allah dalam kitab-Nya. " Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. " (QS. Al-Baqarah: 185)

 

Ini adalah doa untuk memudahkan urusan. Dibaca setiap pagi, insyaAllah Allah akan mempermudah segala urusan. Aamiin.

ربي يسر ولا تعسر

Rabbi yassir wa la tu’assir,aamiin.

Yang artinya : "Ya Allah, permudahkanlah urusanku dan jangan Kau sulitkannya" 

 

 

Semoga bermanfaat




Komentar Artikel "Hal-hal yang Membuat Urusan Kita Menjadi Mudah"