Hal-hal yang harus diperhatikan perempuan ketika shalat - Alya Hijab

Hal-hal yang harus diperhatikan perempuan ketika shalat

5 hari yang lalu      info menarik

 

Nabi Muhammad saw. dalam salah satu sabdanya menyebutkan bahwa shalat adalah hal yang pertama kali dihisab di akhirat kelak. Sehingga, sudah semestinya setiap muslim dan muslimah memperhatikan shalatnya, baik syarat maupun rukunnya. 

Terkadang perempuan lupa dengan beberapa hal ketika shalat. Urusan aurat adalah yang utama bagi perempuan, karena aurat perempuan harus tertutup penuh saat shalat. Dan  jangan sampai aurat terlihat. Kali ini Alya mau kasih beberapa hal yang harus diperhatikan perempuan saat shalat.

Berikut ini hal-hal yang yang diperhatikan seorang perempuan ketika shalat diantaranya adalah :

  • Jangan sampai rambut terlihat

Seperti yang kita tahu, rambut merupakan aurat bagi perempuan. Meski kita sudah memakai mukenah, terkadang masih saja ada beberapa helai rambut yang terlihat. Kadang tanpa kita sadari, anak rambut atau poni itu terlihat begitu saja. Tips untuk mengatasi rambut yang terlihat adalah sebaiknya memakai inner sebelum memakai mukena. Hal itu untuk memastikan bahwa rambut tidak akan keluar tanpa sadar. Selain itu bisa juga bercermin sebelum salat untuk memastikan tidak ada rambut yang terlihat. Bisa juga dengan bertanya pada teman sebelah apakah ada rambut yang terlihat.

  • Bagian belakang dagu harus tertutupi

Banyak kita menemui perempuan yang memakai mukena namun masih menampakkan bagian belakang dagunya. Kembali pada konsep aurat perempuan, seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Bagian belakang dagu tentu bukan area wajah perempuan kan. Nah sebaiknya kita memakai mukena dengan memastikan bagian belakang dagu kita tertutupi.

  • Bagian tubuh terlihat saat takbir

Saat bertakbir, tanpa sadar kita mengangkat tangan tinggi - tinggi hingga dapat terlihat bagian tubuh kita yang terbungkus mukena. Untuk menghindari hal ini sebaiknya saat shalat kita bisa memakai baju berlengan panjang agar tidak berisiko terlihat bagian tubuhnya. Bisa juga dengan memakai mukena terusan, sehingga tidak ada kemungkinan mukena tersingkap hingga bagian tubuh terlihat.

  • Bagian kaki yang terlihat

Tentu saja, kaki adalah bagian aurat perempuan. Pengecualian hanya bagi wajah dan telapak tangan. Terkadang tanpa sadar saat salat kaki bagian bawah kita terlihat. Untuk menghindari hal ini kita bisa menggunakan mukena yang tidak terlalu kecil tapi juga tidak terlalu longgar. Pilihlah mukena yang ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran tubuh.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tentang beberapa hal yang harus diperhatikan seorang perempuan saat shalat. Ambillah yang benar, buanglah yang salah. Karena manusi tidak luput dari sebuah kesalahan sekecil apapun.



Sumber :

  1. https://www.idntimes.com/life/inspiration/tsurayya-maknun/hal-yang-harus-diperhatikan-perempuan-ketika-salat-c1c2/full
  2. http://yvansmorphosa.blogspot.com/2015/01/10-hal-yang-diperhatikan-untuk.html



Komentar Artikel "Hal-hal yang harus diperhatikan perempuan ketika shalat "