Cara Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab - Alya Hijab

Cara Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

2 minggu yang lalu      info menarik

 

Bagi wanita muslim, berhijab memang telah menjadi salah satu hal yang begitu disarankan bahkan juga bisa dibilang sebagai hal yang diwajibkan. Mengenai keputusan berhijab sendiri, selain ingin menjalankan perintah agama, ini juga dilakukan agar setiap wanita senantiasa terlihat makin anggun, makin cantik dan mempesona. Meski begitu, berhijab juga sangat perlu dilakukan dengan baik dan ada beberapa hal yang sangat perlu untuk diperhatikan agar kesehatan rambut juga kulit kepala senantiasa tetap terjaga ya. Hijab sendiri telah memberikan perlindungan bagi rambut, karena rambut yang tertutup oleh hijab akan terhindar dari paparan matahari, polusi, serta bahan kimia yang biasanya digunakan untuk menata rambut.

Takut kalau rambut akan lepek? Takut rambutnya akan bau? Pake hijab, rambutnya suka keluar? 

Tenang saja Alya ada solusi yang tepat untuk merawat rambut bagi wanita yang berhijab. 

Yuk simak penjelasan berikut : 

 

  • Rutin Menyisir Rambut

 

Wanita terlalu pusing memikirkan cara apa yang tepat untuk merawat rambut agar tampak sehat dan indah dengan berbagai cara. Padahal cukup dengan rajin menyisir rambut juga dapat mempertahankan kesehatan rambut. Rambutmu telah memiliki kandungan minyak alaminya sendiri yang melindungi rambutmu. Wanita terlalu pusing memikirkan cara apa yang tepat untuk merawat rambut agar tampak sehat dan indah dengan berbagai cara. Padahal cukup dengan rajin menyisir rambut juga dapat mempertahankan kesehatan rambut. Rambut anda telah memiliki kandungan minyak alaminya sendiri yang melindungi rambutmu.

 

  • Menyisir rambut sebelum keramas 

 

Rambut kusut umumnya dialami saat bangun tidur atau setelah keramas. Solusinya, sebelum mencuci rambut, sisir rambut terlebih dulu. Hindari menyisir rambut sesudah keramas karena rambut menjadi sensitif dan mudah rontok. Sehingga rontok rambut tidak tergerai di hijab yang dikenakan. 

  • Gunakan shampo khusus

Rambut membutuhkan perawatan yang tepat agar terhindar dari kerusakan. Beberapa masalah rambut yang seringkali terjadi yaitu rambut berketombe, mudah rontok dan kusam. Nah, supaya kesehatan rambutmu terjaga dengan baik dan terhindar dari hair problem yang bikin bad mood, ada baiknya untuk mengenal tipe rambut sebelum memilih shampo. Karena ternyata tidak semua shampo cocok digunakan lho. Pastikan kamu juga memilih shampo terbaik yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu. Maka dari itu, saat mengenakan hijab akan terasa lebih adem. 

 

  • Jangan gunakan hijab saat rambut masih basah

 

Usahakan pula agar tidak langsung pakai hijab saat rambut masih basah. Memakai hijab saat rambut masih basah bisa membuat rambut lebih mudah rontok, kulit kepala akan senantiasa lembab dan mendorong tumbuhnya jamur serta bakteri penyebab ketombe. 

 

  • Gunakan masker rambut

 

Meski tidak dianjurkan menggunakan sampo, namun kondisioner penting untuk digunakan. Setelah dibilas dan krim masker bersih di rambut, akhiri dengan menggunakan kondisioner di batang rambut. Air bisa mengeringkan rambut, sehingga akan lebih baik jika ditutup dengan menggunakan kondisioner. Lalu bilas kembali rambut hingga bersih dengan air dingin.

  • Jangan mengikat rambut terlalu kencang  

Mengikat rambut yang terlalu kencang akan membuat rambut cepat rusak dan patah-patah, hal itu juga memicu pada kesehatan juga. Ikatan rambut yang terlalu kencang akan membuat tertariknya kulit kepala dan kulit wajah sehingga bisa memicu gangguan saraf atau bahkan kondisi pusing pada kepala hampir setiap hari. Selain memberikan rasa pusing, rambut juga akan semakin mudah mengalami kerusakan jika dikuncir setiap hari.

 

  • Pilih jenis hijab yang cocok dengan kulit 

 

Cobalah untuk memakai serat alami yang ringan. Bahan alami yang lembut pada rambut Anda dan akan memungkinkan rambut Anda untuk bernapas lebih baik. Kain chiffon atau katun, misalnya. Hijab katun akan memberikan lebih banyak udara ke kulit kepala Anda sambil sekaligus tetap menjaga rambut Anda tertutup. Jika Anda lebih suka kain sintetis, seperti nylon atau polyester, pastikan untuk menggunakan underscarf untuk membantu melindungi rambut Anda dari risiko gesekan antar kulit kepala dan bahan kain yang dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Sumber  : 

  1. https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/merawat-rambut-bagi-wanita-berhijab/
  2. https://www.popbela.com/beauty/hair/jennifer-a-tanjung/cara-merawat-rambut-berhijab/full



Komentar Artikel "Cara Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab"