Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja - Alya Hijab

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

1 bulan yang lalu      info menarik

 

Hal apa yang membuat kamu tidak konsentrasi saat kerja? Ngantuk, itulah kebanyakan orang pada saat jam kerja mengantuk tak tertahankan, bahkan ada yang tidur saat kerja. Ngantuk mau tidur tapi lagi jam kerja, kalau tidak tidur pasti tidak konsen. Gimana coba cara untuk mengatasinya? Ada yang tahu? 

Dibawah ini ada beberapa tips untuk menghilangkan ngantuk pada  jam kerja : 

1. Jangan Begadang Malam-malam 

Ini adalah faktor utama yang akan membuat kamu ngantuk pada pagi hari, hingga berangkat kerja. Sehingga pada saat jam kerja kamu akan merasakan ngantuk dan tidak bisa konsentrasi. Banyak orang dewasa tidak mendapatkan cukup tidur, karena bisa jadi faktor pekerjaan, masalah keluarga ataupun masalah pribadi. Tetapi begadang juga akan mengakibatkan terserangnya penyakit. Maka, jangan begadang tidurlah dengan cukup.

2. Minum Air Putih

Rasa ngantuk juga bisa karena kinerja otak atau tubuh yang kurang cairan. Cobalah rutin untuk mengonsumsi minum air putih yang sudah disarankan yaitu 8 gelas air putih dalam sehari.

3. Jangan Sarapan Dengan Yang Berat

Sarapan pagi sebaiknya mengonsumsi yang mengandung sereal karena jika sarapan  dengan yang berat, misalnya nasi uduk nanti satu jam kemudian akan merasakan ngantuk. Sebaiknya sarapan dengan gizi yang seimbang, dalam hal karbohidrat dan protein. Jangan samapai karbohidratnya terlalu banyak atau sarapan pagi Anda akan mengandung lemak jenuh yang tinggi. Kesalahan itu juga mengakibatkan Anda merasa ngantuk. 

4. Mendengarkan Musik 

Mendengarkan musik yang berirama semangat akan mengembalikan kejenuhan jadi bersemangat. Hal itu juga dapat dirasakan pada saat  jam kerja berlangsung. Jadi, jangan ragu untuk memasang headset untuk mendengarkan beberapa musik. Tidak hanya menghilangkan rasa ngantuk saja tapi juga mengembalikan mood positif.

5. Mencuci Muka 

Cara ini adalah hal yang mudah dan ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk. Mencuci muka dengan air dingin benar-benar bisa membuat kamu segar kembali. Temperatur air dingin bisa melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan energi, dan juga konsentrasi.

6. Tarik Nafas Dalam dan Hembuskan

Nah, dengan melakukan teknik pernapasan yang benar dengan cara tarik napas dalam akan sangat membantu membuat tubuh sehat secara keseluruhan.

Bernapas dengan teknik yang benar yaitu dengan menarik napas panjang dan dalam, maka hal itu justru bisa membuat organ-organ dalam tubuh Anda untuk bekerja secara optimal.

Hal itu bisa membuat kamu terlihat segardan fress kembali. 

7. Merenggangkan Badan 

Berapa jam sehari sih kamu berada di kantor? Duduk di atas kursi, tangan memainkan keyboard, dan mata menatap monitor. Sudah pasti kan kamu yang melakukan rutinitas itu  pernah atau bahkan sering mengeluhkan rasa lelah dan pegal pada area bahu, leher, pinggang, dan punggung. Dan akan bisa merasakan kantuk dan lelah. Untuk mengatasinya, tak salahnya untuk berolahrga kecil-kecil agar untuk merileksasikan otot-otot pada tubuh. 

 

Nah, artikel diatas adalah tips-tips yang dapat membatu Anda untuk menghilangkan rasa kantuk dan lelah pada saat  jam kerja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

 

Sumber  :

http://kissfmmedan.com/cara-mengatasi-ngantuk-saat-bekerja/

https://www.merdeka.com/sehat/10-cara-asyik-cegah-kantuk-saat-bekerja.html






Komentar Artikel " Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja"