Cara Mengajari Anak Sholat Sejak Usia Dini - Alya Hijab

Cara Mengajari Anak Sholat Sejak Usia Dini

1 bulan yang lalu      info menarik

Membiasakan anak-anak dengan adab-adab, amalan, maupun akidah islami harus dilakukan semenjak dini, karena dengan begitu akan membuat apa-apa yang kita ajarkan dapat tertanam kokoh di dalam jiwa mereka, salah satunya adalah mengajarkan mereka sholat, di mana sholat merupakan rukun islam yang kedua yang menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Berikut ini adalah beberapa cara mengajarkan anak-anak untuk sholat, yaitu :

1. Orang tua harus menjadi contoh kedisiplinan dalam menjalankan Sholat

Usia anak-anak merupakan masa dimana mereka sangat lekat dalam memperhatikan atau mengamati serta meniru tingkah laku atau perilaku dari orang tua mereka.

2. Orang tua harus menanamkan tentang arti pentingnya sholat dalam kehidupannya

Sejak usia anak-anak, seseorang harus ditanamkan tentang arti pentingnya sholat bagi kehidupannya, di mana shalat merupakan salah satu kewajiban bagi manusia. Shalat merupakan penghubung antara manusia dengan penciptanya, yaitu Allah SWT.

3. Mulai mengajak Anak untuk shalat

ajak anak untuk shalat bersama-sama. Anak akan dengan mudah meniru setiap gerakan sholat dari ayah dan ibunya.

4. Memberikan hukuman bagi anak ketika ia lalai melaksanakan sholat, ada suatu Hadist yang menjelaskan bahwa ketika anak-anak telah mencapai usia tujuh tahun, maka orang tua harus memerintahkannya untuk melaksanakan sholat, dan apabila pada usia sepuluh tahun anak-anak tidak mau melaksanakan kewajiban tersebut, maka orang tua harus memukulnya sebagai bentuk hukuman atas kelalaian mereka itu.

5. Mengajak anak-anak untuk sholat berjamaah di Masjid, Langkah selanjutnya dalam cara mengajarkan anak shalat adalah sholat adalah dengan mengajaknya melaksanakan sholat berjama’ah di Masjid.




Komentar Artikel "Cara Mengajari Anak Sholat Sejak Usia Dini"