Cara Cepat Menghafal Al Qur’an - Alya Hijab

Cara Cepat Menghafal Al Qur’an

2 minggu yang lalu      info menarik

 

Sahabat Alya sudah berapa juz hafalannya? Sudah khatam kah? Semoga Allah memberikan bantuan kepada kita semua agar cepat meghafalkan ayat suci Al-Qur’an serta mengamalkan maknanya. Banyak orang yang sudah berkali-kali menghafal tapi tetap saja masih bingung atau lupa akan hafalannya. Menghafal Al-Qur’an tidaklah mudah. Harus dengan niat karena Allah Swt. 

Seperti yang kita lihat anak-anak yang dibawah umur saja sudah bisa menghafal Al-Qur’an hingga 30 juz, apa kita yang sudah dewasa tidak malu kepada anak-anak itu? Maka dari itu rutinlah menghafal Al-Qur’an. Tak hanya menghafalkan tetapi juga harus tau isi dari surat tersebut. 

Al-Qur’an adalah penerang bagi kita di akhirat, petunjuk bagi umat muslim. Oleh karena itu, Alya mau kasih cara cepat menghafal Al-Qur’an yaitu sebagai berikut : 

  • Niat karena Allah Swt 

Niat adalah yang terpenting dalam sesuatu hal. Untuk apa kita menghafal Al-Qur’an tanpa adanya niat? Ataukah hanya ingin dijuluki seorang hafidz saja? Tidaklah mudah menjadi hafidz. Apakah anda menghafal Al-Qur’an hanya semata-mata membahagiakan kedua orang tua? 

Jika niat anda seperti itu, maka wajarlah anda sulit untuk menghafalkannya. Karena niat menghafal itu hanya satu yaitu niat karena Allah Swt. 

  • Mulai dari sekarang 

Kapan untuk bisa menghafalkan Al-Qur’an? Sekaranglah waktu yang tepat! 

Kenapa harus sekarang? Kalau tidak sekarang kapan waktunya. Orang tidak pernah tau bagaimana masa depan kita, entah kita masih bernafas atau tidak. Tidak perlu menunggu waktu yang tepat. Dan jangan menunda-nunda dalam kebaikan. Jika berat melakukannya sedikit-sedikitlah mulai dari yang pendek di juz 30. 

  • Menghafal 2 metode 

Menghafal dalam 2 metode yaitu

a. Menghafal per lembar dalam mushaf 

Membaca satu halaman dari baris pertama sampai baris terakhir secara berulang-ulang sampai hafal.

b. Menghafal per-ayat 

Menghafal ayat demi ayat atau kalimat demi kalimat yang dirangkaikan sampai satu halaman.

  •  Talaqqi 

Maksudnya setelah kita menghafal beberapa ayat, kemudian kita menyetorkan hafalan kepada guru. Guru tersebut harus haruslah seorang hafizh Al-Qur’an, telah mantap agama dan ma’rifatnya, serta dikenal mampu menjaga dirinya.

  • Menghafal di waktu yang terbaik 

Waktu yang terbaik untuk menghafal adalah sebelum dan setelah fajar. Pada waktu ini, otak masih segar dan keadaan juga tenang, sehingga hafalan akan lebih cepat masuk saat menghafal pada waktu-waktu tersebut.

Bukan berarti anda hanya menghafal pada itu saja, karena sebagian orang merasa hafalannya lebih mudah masuk pada waktu dhuha, yang lain mengatakan lebih suka menghafal setelah zuhur, sebagian mengatakan hafalannya lebih cepat masuk setelah Ashar, atau Maghrib, atau setelah isya. Setiap orang memang memiliki perbedaan dalam hal ini.

  • Mengulangi hafalan 

Setelah sholat sebaiknya mengulangi hafalan beberapa ayat. Jika sudah lancar dalam hafalannya yang pertama maka lanjutkan hafalan ayat kedua atau lembar kedua. Semua orang metode hafalannya berbeda-beda. Jika kita mengikuti metode orang lain silahkan jika mampu, tapi lebih baiknya lagi kalau mengikuti metode hafalan diri kita sendiri. Karena kita sendiri  lah yang tahu. 

  • Meluangkan waktu khusus untuk menghafal 

Selain waktu sholat wajib 5 kali sehari, anda juga harus meluangkan waktu khusus setiap hari untuk murojaah hafalan. Ini demi kelancaran dan kekokohan hafalan anda. Semakin banyak hafalan anda, semakin banyak pula waktu yang harus anda alokasikan untuk mengulang.

  •  Menghafal untuk setia bukan untuk khatam

Saat mulai menghafal, niatkan untuk menghafal bukan untuk khatam tapi untuk setia dengan Al-Qur’an, agar setelah menyelesaikan hafalan 30 juz, anda tidak meninggalkan Al-Qur’an dan tetap semangat mengulang hafalan. Tetap menjaga metode dalam Cara Menghafal Al-Qur’an yang kamu sukai karena dengan demikian akan lebih membuat kamu senang dengan Al-Qur’an.

  • Perbanyak berdoa 

Tidak hanya berusaha untuk menghafal, serta kita juga harus memperbanyak doa agar diberikan kemudahan dan kelancaran setiap menghafal. Jika sudah berusaha dan berdoa karena Allah Swt insyaallah akan di permudahkan bagi kami yang senantiasa menghafal ayat-ayat suci-Nya. Kita serahkan saja kepada Sang Maha Kuasa hasil Allah yang tahu. 

Itulah beberapa cara cepat dan praktis dalam metode hafalan ayat suci Al-Qur’an. Semoga bermanfaat, dan Allah mudahkan Amiin… 

Sumber  : 

  1. https://bunayya.id/cara-menghafal-al-quran/
  2. http://news.rakyatku.com/read/107660/2018/06/30/tips-mudah-menghafal-satu-halaman-alquran-per-hari-ala-ustaz-adi-hidayat
  3. http://unida.gontor.ac.id/cara-menghafal-al-quran-metode-3t1m/

 

 

   








Komentar Artikel "Cara Cepat Menghafal Al Qur’an"