Agar Ibadah Umroh Lebih Khusyu' , Lakukan Persiapan Berikut Ini - Alya Hijab

Agar Ibadah Umroh Lebih Khusyu' , Lakukan Persiapan Berikut Ini

5 bulan yang lalu      info menarik

Tips Persiapan umroh Lengkap agar Nyaman dan Mabrur

Sebelum berangkat Umroh tentu kita harus membuat persiapan untuk umroh agar ibadah yang kita kerjakan nanti di tanah suci bisa maksimal.

 

Berikut adalah persiapan secara hati dalam melaksanakan ibadah umroh agar perjalanan ibadah anda dapat berjalan dengan sukses dan Mabrur.

 

  • Persiapan ruhani

 

  1. Kita harus meluruskan niat semata-mata beribadah karena menyambut seruan Alloh taala. Niat akan menentukan amal yang akan dikerjakan, dengan lurusnya niat semoga akan membantu dalam mengerjakan umroh yang kita kerjakan dengan sempurna.
  2. Bertaubat atas semua kesalahan yang pernah dikerjakan. Kita tentu saja sulit mengingat-ingat hal yang sudah dilakukan di masa lalu apakah menyakiti orang atau tidak Oleh karena itu lebih baik bila sebelum berangkat umroh kita meminta maaf terutama kepada ayah, ibu, keluarga dan tetangga dekat.
  3. Belajar mengetahui hukum-hukum agama seputar ibadah umroh misalnya hal yang dilarang selama umroh termasuk juga hal yang berkaitan dengan itu misalnya Sholat dalam perjalanan, cara tayamum, waktu-waktu sholat, cara mengerjakan sholat sunah dan adab pergaulan sesama muslim.
  4. Melunasi hutang, mengembalikan barang titipan termasuk juga mencari sumber dana yang halal yang akan digunakan untuk biaya umroh. Termasuk juga biaya untuk keluarga yang kita tinggalkan yang menjadi tanggungan kita.
  5. Menjaga amalan baik yang wajib dan sunah, supaya nanti kita juga terbiasa menjaga amalan selama di tanah suci karena salah satu indikasi umroh yang mabrur adalah tidak tertinggal dalam hal yang wajib maupun yang sunah.
  6. Jaga kesehatan hati dengan tidak emosi marah maupun berpikiran jelek karena pikiran negatif dapat mempengaruhi jiwa yang bersih dan tubuh yang sehat. Kunci sukses dalam menjaga hati pada saat melakukan perjalanan umroh adalah tetap menjaga mulut dan hati.
  7. Persiapan Fisik

Ibadah umroh termasuk ibadah yang tidak ringan terutama bagi orang yang lanjut usia. Sebagaimana diketahui kebanyakan jamaah haji dan umroh adalah orang-orang dengan usia 60 tahun ke atas. Hanya sebagian kecil yang berusia 50 tahun ke bawah. Oleh karena ada beberapa persiapan yang dilakukan berkenaan dengan persiapan fisik.

  1. Lari-lari kecil, jalan kaki atau melakukan aktifitas olahraga  lainnya setiap pagi untuk melatih kebugaran badan.
  2. Membiasakan minum multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Biasanya tubuh membutuhkan multivitamin untuk menjaga tetap bugar dan sehat selama melakukan aktifitas yang membutuhkan energi banyak.
  3. Terutama bagi kalangan muda usia 50 tahun ke bawah yang tentu mempunyai fisik yang lebih baik dari pada yang usia lanjut, ada baiknya juga untuk membantu teman-teman yang telah lanjut usia dalam beribadah umroh. Banyak diantara jamaah yang selain sudah lanjut usia juga memiliki keterbatasan pengetahuan misalnya tidak bisa menggunakan lift dll. Semoga dengan membantu mereka akan membantu kesempurnaan ibadah umroh kita.
  4. Bila perlu bisa konsulltasi ke dokter untuk mendapatkan arahan kesehatan yang lebih sesuai untuk kondisi kita, termasuk obat-obatan yang perlu dibawa ke tanah suci.

Apa saja perlengkapan Umroh yang harus disiapkan ?

  1. Perhatikan musim saat mau berangkat umroh
    Hal pertama yang harus diperhatikan adalah musim yang tengah terjadi saat waktu jadwal umroh anda. Apakah di Tanah Suci sedang musim dingin atau musim panas ??
    Dengan mengetahui musim yang sedang terjadi, Anda tidak usah membawa perlengkapan yang tidak seharusnya dibawa. Misalnya, saat di Tanah Suci sedang terjadi musim panas, anda tidak perlu membawa jaket tebal. Begitupun sebaliknya.

Untuk mengetahui informasi musim tersebut, Anda bisa mencari informasinya di internet atau menanyakan kepada Travel tempat anda mendaftar.

  1. Kelompokkan berdasarkan jenisnya
    Dalam hal persiapan perlengkapan ibadah Umroh, antara perempuan dan laki-laki sebenarnya hampir sama. Hanya ada beberapa perlengkapan saja yang berbeda seperti kain Ihram. Itu hanya dibawa oleh jemaah laki-laki, sedangkan jemaah perempuan membawa baju-baju muslim seperti gamis.

Daftar perlengkapan ini biasanya diberikan oleh pihak Travel. Mereka akan memberikan daftar perlengkapan apa saja yang harus dibawa, yang harus dimasukkan kedalam koper besar, dan mana yang harus dimasukkan kedalam tas kecil.

Jika perlengkapan ini sudah tersedia semua, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengelompokkan jenis perlengkapan umroh yang akan dibawa. Sebaiknya kelompokkan barang bawaan anda sesuai dengan fungsinya. Apakah perlengkapan tersebut akan digunakan selama diperjalanan, ataukah akan digunakan saa anda tiba di Tanah Suci.

Berikut ini pengelompokkannya =

 

  • Perlengkapan yang langsung dipakai / dibawa

 

Perlengkapan yang langsung dipakai atau dibawa, antara lain :

  1. Sepatu atau sendal. Gunakan sepatu yang nyaman dan aman saat digunakan. Tidak perlu yang mahal, yang penting awet dan nyaman.
  2. Tas pinggang atau tas selempang untuk menyimpan barang berharga, seperti dompet dan handphone. Gunakan tas pinggang yang memungkinkan anda untuk tetap memakainya bahkan ketika sholat. Sebaiknya simpan tas pinggang di balik kain ihram (untuk laki-laki) dan di balik bergo (untuk perempuan). Jangan letakkan tas pinggang atau tas selempang ini secara sembarangan.
  3. Buku catatan kecil dan pulpen untuk mencatat nomor telepon teman, nomor kamar tempat menginap, nomor telepon hotel, dan sebagainya. Hal ini akan sangat membantu saat anda tertinggal atau terpisah dari rombongan.
  4. Handphone. Gunakan kartu yang memberikan tawaran Tarif Roaming Internasional khusus umroh, baik untuk telepon maupun data. Anda bisa membeli kartu perdana lokal di bandara King Abdul Aziz (Jedah). Jika anda sudah mendapatkan nomor lokal, segeralah informasikan kepada keluarga di tanah air.

 

 

  • Perlengkapan Umroh yang masuk bagasi

 

Perlengkapan yang masuk bagasi, antara lain ;
A. Perlengkapan untuk laki-laki, meliputi :
1. Kain Ihram satu set (sediakan juga cadangan).
2. Sandal dan tas plastik yang akan digunakan untuk menyimpan sandal saat didalam masjid.
3. Sabuk yang ada dompetnya.
4. Kacamata hitam (ini bisa anda gunakan saat tour atau ziarah karena matahari di sana bisa sangat menyilaukan terutama saat musim panas).
5. Baju koko (warna putih) atau baju batik (biasanya sudah disediakan pihak travel).
6. Celana kain bahan (sebaiknya hindari celana berbahan jeans).
7. Beberapa pakaian untuk digunakan saat tour.
8. Sarung (jika diperlukan, bisa digunakan sebagai selimut).
9. Pakaian dalam secukupnya sesuai lamanya hari di sana.
10. Pelembap kulit agar kulit tidak kering dan rusak.
11. Jaket atau sweater.
12. Jaket tipis.
13. Sajadah tipis.
14. Perlengkapan mandi.
15. Kaus kaki tebal.
16. Perlengkapan gadget (HP, tablet, dan lainnya).
17. Kamera pocket (jika resolusi kamera HP anda kurang bagus).
18. Obat-obatan pribadi.
19. dan, masker mulut atau hidung.

  1. Perlengkapan untuk Perempuan, meliputi :
    1. Bergo seragam (biasanya sudah disiapkan oleh pihak travel)
    2. Gamis, rok, atau kulot lebar (sangat disarankan berwarna putih atau warna lembut)
    3. Mukena Atasan
    4. Sendal serta tas plastik yang akan digunakan untuk menyimpan sendal saat ada di dalam masjid. Model sendal ini bisa anda pilih sendiri, asalkan nyaman dan flat/teplek. Hindari jenis sendal yang menutup mata kaki
    5. Kacamata hitam (jika diperlukan, bisa digunakan saat tour/ziarah)
    6. Pakaian tidur untuk di hotel
    7. Pakaian dalam secukupnya sesuai lamanya hari di sana.
    8. Pelembap atau handbody agar kulit tidak kering dan rusak.
    9. Jaket atau sweater.
    10. Sajadah tipis.
    11. Perlengkapan mandi secukupnya.
    12. Kaus kaki tebal.
    13. Perlengkapan gadget (HP, tablet, dan lainnya).
    14. Kamera pocket (jika resolusi kamera HP anda kurang bagus).
    15. Obat-obatan pribadi.
    16. dan, penutup masker mulut atau hidung.
  • Perlengkapan saat di Kabic Pesawat

Selain tas pinggang, anda juga harus membawa tas jinjing kecil (semacam ransel kecil) untuk membawa berbagai barang yang di perlukan baik saat dipesawat maupun ketika turun dari pesawat (di bandara Jeddah). Perlengkapan yang harus ada dalam tas ransel kecil tersebut antara lain :

  1. Al-Quran kecil dan buku doa yang bisa Anda baca selama perjalanan.
  2. Handphone, tablet atau kamera (pastikan semuanya dalam kondisi mati selama dalam pesawat).
  3. Dompet yang berisi uang tunai secukupnya (siapkan uang Real dari tanah air).
  4. Peralatan Sholat.
  5. Makanan ringan secukupnya.
  6. Obat-obatan pribadi secukupnya (bawa yang dirasa sangat diperlukan saja).
  7. Minuman untuk diminum saat menunggu di bandara.
  8. Perlengkapan mandi kecil seperti sabun cair, pasta gigi, sikat gigi.


Di Mana Beli Perlengkapan Umroh ???

Untuk perlengkapan yang harus dibawa, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepihak travel. Perlengkapan apa saja yang sudah disediakan oleh travel. Untuk baju, baju ihram, name tag, koper, dan tas kecil biasanya travel sudah menyediakan. Tapi sekali lagi tanyakan terlebih dahulu pada travel tempat anda mendaftar umroh.

Jika anda sudah mengetahui apa saja yang sudah disediakan oleh pihak travel umroh, anda tinggal belanja perlengkapan yang belum ada. Anda bisa membelinya di toko-toko Perlengkapan Umroh dan Haji. Saat ini sudah banyak toko perlengkapan haji dan umroh yang bisa anda kunjungi baik secara online maupun offline. Belilah perlengkapan yang memang anda perlukan. Hindari pembelian perlengkapan yang tidak diperlukan karena bisa mubadzir.

Demikianlah informasi tentang perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat melakukan ibadah umroh. Semoga dengan tips  persiapan umroh di atas, akan membantu kita memaksimalkan ibadah di tanah suci dengan lebih baik.

 




Komentar Artikel "Agar Ibadah Umroh Lebih Khusyu' , Lakukan Persiapan Berikut Ini"