7 Sunnah Harian Rosulullah Saw - Alya Hijab

7 Sunnah Harian Rosulullah Saw

2 minggu yang lalu      info menarik

 

Sunnah merupakan sumber yang digunakan sebagai dasar hukum setelah Al-Qur’an. Salah satu hukum yang menggunakan sunnah sebagai sumbernya adalah hukum tentang ilmu fiqih. Sunnah ini berfungsi untuk memperinci yang ada di dalam Al-Qur’an.

Jadi, sunnah digunakan sebagai penjelas, sehingga tidak akan keluar dari kaidah umum yang sudah ada di dalam Al-Qur’an.

Kenapa sunnah digunakan? Sunnah ini digunakan sebagai salah satu dasar hukum karena kita bisa merinci dari mana datangnya suatu hadits. Ada orang yang merupakan ahli hadits sehingga bisa menilai apakah hadits tersebut memang berasal dari Rasulullah Saw.

Ada 7 Sunnah Harian Rasulullah Saw. yaitu :

 

  • Sholat Tahajud 

 

karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada tahajjudnya. Pastinya doa mudah terkabul dan menjadikan kita semakin dekat dengan Allah. Rosulullah selalu memperintahkan kepada umatnya, agar selalu melaksanakan sholat tahajud. 

Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu (RA), Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda (yang artinya):

"Allah Subhanahu wa Ta'ala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku ijabahi doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia." (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan lainnya)

 

  • Membaca Al-Qur’an dan Terjemahnya

 

Al-Qur’an merupakan pedoman, konsep, serta aturan hidup bagi manusia, di dalam kitab tersebut mengatur bagaimana hubungan makhluk dengan penciptanya seperti shalat, puasa, haji, dan lain sebagainya. Selain itu, Al-Quran juga mengatur hubungan antara manusia dengan dirinya sendiri, manusia dengan manusia yang lainnya, serta hubungan antara manusia dengan makhluk ciptaan Allah SWT lainnya.

 

  • Memakmurkan Masjid 

 

Masjidlah yang menjadi parameter kejayaan umat ini selama berabad-abad, sebab ia adalah lambang keislaman dan syiar keimanan yang menjadi kekuatan umat Islam.

Hal ini bisa dipahami secara tersirat dari firman Allah tentang memakmurkan masjid yang Dia selipkan dalam ayat-ayat yang memotivasi perjuangan Islam, sebagaimana dalam Surat At-Taubah ayat 18: “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”

Ayat ini sekaligus mengisyaratkan pada kita semua bahwa orang yang benar-benar memakmurkan masjid Allah secara ikhlas, bukan karena agar dipuji dan mengharapkan ganjaran dunia semata.

 

  • Sholat Dhuha

 

Rosulullah Saw, tidak pernah meninggalkan sholat. Ada banyak manfaat dan keutamaan jika seorang muslim rutin melaksanakan shalat sunnah ini. Shalat ini dikenal sebagai shalat sunnah untuk memohon rezeki dari Allah Swt. Adapun jumlah rakaatnya, minimal dua rakaat. Rasulullah kadang mengerjakan sholat dhuha empat rakaat, kadang delapan rakaat. Namun sebagian ulama tidak membatasi. Ada yang mengatakan 12 rakaat, ada yang yang mengatakan bisa lebih banyak lagi hingga waktu dhuha habis.

Dari Ummu Hani’ binti Abi Thalib , Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah mengerjakan sholat dhuha sebanyak delapan rakaat. Pada setiap dua rakaat, beliau mengucap salam (HR. Abu Dawud; shahih)

 

  • Bersedekah

 

Bersedekah tidak hanya bertujuan mendapatkan pahala. Akan tetapi juga sangat membantu saudara kita yang membutuhkan. Rasulullah SAW bersabda, “Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit. Kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah. Kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Setiap langkah kakimu menuju tempat sholat juga dihitung sedekah dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah.” (HR Bukhari dan Muslim)

 

  • Menjaga Wudhu 

 

Sejatinya selain dilakukan sebelum ibadah, wudhu juga dianjurkan dalam seluruh kondisi. Seorang muslim dianjurkan agar selalu berada dalam kondisi bersuci (wudhu) sebagaimana yang dahulu dicontohkan oleh Nabi Saw. dan para sahabatnya. Mereka senantiasa berwudhu, baik dalam kondisi cuaca normal atau sangat dingin bila memungkinkan.

 

  • Istighfar 

 

Orang yang senantiasa beristighfar akan dicintai oleh Allah Swt. Rasulullah pernah bersabda, “Orang yang bertaubat adalah kekasih Allah SWT. Orang yang bertaubat atas dosanya, bagaikan orang yang tidak mempunyai dosa.” (HR. Ibnu Majah)

Sumber  :

  1. https://jubah.id/apa-itu-sunnah-rasul-dan-bagaimana-pengertiannya/
  2. https://sahabatnesia.com/manfaat-dan-keutamaan-istighfar/
  3. https://www.islampos.com/7-sunnah-harian-rasulullah-saw-15195/

 

 

 




Komentar Artikel " 7 Sunnah Harian Rosulullah Saw "