5 Jembatan hidup - Alya Hijab

5 Jembatan hidup

2 minggu yang lalu      info menarik

 

Kehidupan ini adalah sebuah kesempatan yang sangat berharga untuk kita. Jangan sampai kita sia-siakan kehidupan di dunia ini untuk sesuatu yang tidak jelas dan akan sirna. Kenikmatan dunia ini pun kalau mau kita pikirkan dengan baik, maka tidaklah lama. Sebentar saja, bukankah demikian? Allah ta’ala berfirman : “Seolah-olah tatkala  melihat hari kiamat itu, mereka tidaklah hidup (di dunia) kecuali hanya sesaat saja di waktu siang atau sesaat di waktu dhuha.” (QS. an-Nazi’at: 46)

Lalu apa yang harus kita lakukan di dunia ini? Sebuah pertanyaan menarik. Sebuah pertanyaan yang akan kita temukan jawabannya di dalam Al-Qur’an. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. adz-Dzariyat: 56).

Inilah 5 jembatan dalam kehidupan : 

 

  • Jembatan terpendek: Putus asa

 

Putus asa memang merupakan salah satu kondisi yang bisa saja dialami oleh siapapun di dunia ini. Namun ketahuilah bahwa putus asa sebenarnya tergantung dari diri kita sendiri. Dengan kata lain, sebenarnya kita dapat menghilangkan putus asa dari dalam diri kita. Kuncinya pun sederhana, yaitu dengan cara selalu berusaha dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah Swt, entah sesulit atau serumit apapun masalah yang sedang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

 

  • Jembatan terpanjang: Pengharapan

 

Harapan merupakan sesuatu keinginan agar sesuatu hal terjadi. Dikatakan bahwa manusia tak akan pernah hidup tanpa harapan. Harapan bagaikan peta kehidupan, yang mana manusia berjalan sesuai dengan harapannya.

Harapan membangunkan setiap insan untuk mencapai cita-citanya. Harapan ini di mulai dari angan-angan yang tergambar dalam benak seseorang. Lalu apakah setiap angan-angan adalah harapan yang harus diperjuangkan, terutama bagi seorang muslim? Sesuatu yang bisa menjadi harapan setiap muslim adalah sesuatu yang bersumber dari hati nurani, ditimbang dengan akal, serta disandarkan kepada Sang pemberi harapan, Allah SWT.

 

  • Jembatan terkuat: Iman

 

Keimanan adalah hal mendasar bagi seorang muslim. Keimanan tentunya menjadi pembeda antara seorang muslim atau bukan. Tanpa ada keimanan kepada Allah dan Islam tentu manusia akan menjadi makhluk yang rapuh, sebagaimana rumah tanpa adanya pondasi yang kuat dan kokoh.

Jembatan dalam hidup yang paling terkuat adalah iman, karena iman sebagian dari jantung islam. Tentunya setiap manusia melewatinya. Tetapi banyak yang jatuh dari jembatan ini.

 

  • Jembatan termahal: Pengorbanan

 

Dan setiap manusia pasti sudah berkali-kali melewati jembatan pengorbanan ini. 

Allah SWT sebenarnya tidaklah membutuhkan pengorbanan kita, tetapi kita sendiri yang akan meraih manfaat dari pengorbanan itu. Dan pengorbanan yang kita lakukan juga bisa dalam berbagai bentuk, seperti pengorbanan dalam bentuk harta, waktu, tenaga, pemikiran atau bahkan nyawa  sekalipun. Tetapi yang jadi pertanyaan, dari itu semua apakah pernah kita lakukan semuanya atau salah satunya? Jika kita memang belum melakukannya atau baru sedikit kita melakukan pengorbanan, mungkin kita perlu tahu apa sebenarnya hakikat ruh pengorbanan.

 

  • Jembatan terindah: Kasih dan Sayang 

 

Kasih sayang dalam Islam diwujudkan dalam bentuk yang nyata, seperti silaturrahmi, saling menolong, meringankan beban orang lain yang dilanda musibah, mendamaikan orang yang berselisih, mengajak kepada kebenaran dan mencegah dari perbuatan munkar. Dengan demikian kasih sayang dalam Islam itu ada dalam kehidupan sepanjang zaman, tak terbatas ruang dan waktu. Semangat inilah yang harus dihidupkan dalam pemahaman remaja muslim.

Kelima jembatan ini pasti pernah kita lewati, tapi jembatan yang mana yang sering kita lewati?

Ada “Jembatan Pengharapan” yang tetap ada, sekalipun kita dihadapkan dengan masalah yg berat. Atau "Jembatan Iman" yang harus tetap kokoh, kuat dan teguh. Ini membutuhkan "Jembatan Pengorbanan" yang besar, misalnya korban perasaan, waktu bahkan harga diri kita yang terasa diinjak-injak, sehingga kita baru bisa lewati "Jembatan Kasih", karena inilah yang terpenting yang bisa membuat kita kuat sebab kasih Tuhan yang memampukan kita untuk melewati setiap masalah yang kita hadapi, sehingga "Jembatan Putus Asa" tidak akan pernah kita lewati karena kita selalu bersama dengan Tuhan.

 

Sumber : 

  1. https://www.kompasiana.com/eyikinyu/5510f0d1a33311c739ba9193/5-jembatan-dalam-kehidupan-ini



Komentar Artikel "5 Jembatan hidup "