3 Peristiwa Besar di Bulan Ramadhan - Alya Hijab

3 Peristiwa Besar di Bulan Ramadhan

1 bulan yang lalu      info menarik

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, bulan yang penuh dengan keberkahan. Para ulama menyebut bulan Ramadhan, merupakan bulannya umat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW). karena di dalamnya Allah SWT melimpahkan kebaikan, berkah, rahmat dan karunia yang banyak. Namun, tahukah sahabat Alya.. ada tiga peristiwa besar di Bulan Ramadhan yang perlu diketahui umat muslim. Dalam Kitab An-Nashoihud Diniyah (kumpulan nasihat) karya Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad menjelaskan tiga peristiwa besar di bulan Ramadhan.

1. Peristiwa Perang Badar

Peristiwa perang badar terjadi pada hari Jumat 17 Ramadhan tahun 2 Hijriyah bertepatan dengan 13 Maret 624 Masehi, terjadi perang Badr atau bisa disebut Ghazwah Badr al-Kubra. Hari itu dinamakan Yaumul furqan dimana dua golongan saling berhadapan. Peristiwa ini merupakan pertempuran besar pertama antara umat Islam melawan musuh-musuhnya. Dalam peperangan ini, Nabi membawa 313 pasukan Muslim, menghadapi  950 pasukan nonmuslim. Perbedaan yang mencolok tersebut tidak lantas mengecilkan nyali tentara Muslim. Dengan tekad yang kuad  membela Nabi, kaum muslimin berhasil mengalahkan pasukan kaum Quraisy. Dari pasukan Muslim, gugur 14 orang syahid. Dari pasukan kaum Quraisy, yang terbunuh tertawan  masing-masing 70 orang. Diantara yang terbunuh adalah Abu Jahal.

2. Penaklukan Makkah

Penaklukan Makkah atau dikenal dengan istilah Fathu Makkah. Salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam karena terjadi pada bulan Ramadhan (tanggal 10) tahun 8 Hijriyah (atau tahun 630). Saat itu Nabi Muhammad SAW beserta 10.000 pasukan muslim bergerak dari Madinah menuju Makkah, berhasil menghancurkan berhala di sekitar Ka’bah yang berjumlah 360 dan menaklukan kaum Quraisy hingga mereka menyerah. Kaum quraisy yang sudah takluk  tidak berdaya harap-harap cemas. Mereka yang mendahului menyakiti, mengusir dan berencana membunuh Nabi, Namun dengan balas kasihnya yang luas, beliau memaafkan dan membebaskan mereka.

3. Lailatul Qadar

Peristiwa ketiga adalah Lailatul Qadr yaitu malam mulia yang terjadi di bulan Ramadhan. Alquran menggambarkannya sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Peristiwa ini juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran. Keistimewaan malam ini diabadikan dalam Alquran Surah Al-Qadr, surat ke-97.

Demikian tiga peristiwa besar yang tejadi di bulan ramadhan. Semoga di bulan ramadhan yang mulia ini kita diberikan keberkahan untuk menjadi mulia di sisiNya.

(Dikutip dari berbagai referensi, diantaranya Shafi al-Rahman al- Mubarakfauri, M. Mubasysyarum Bih)




Komentar Artikel "3 Peristiwa Besar di Bulan Ramadhan "