3 Dosa Yang Paling Besar - Alya Hijab

3 Dosa Yang Paling Besar

1 bulan yang lalu      info menarik


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Dosa…

Apa yang kalian ketahui tentang dosa? Dosa ada 2 macam yaitu dosa kecil dan dosa besar. Dosa kecil ialah didalamnya ada suatu kedhaliman antara dirinya dengan Allah. Sebab, Allah Maha Pemurah lagi Maha Penyayang pun juga Maha Pengampun. Sedangkan Dosa Besar ialah dosa yang dilakukan seseorang dan akan diberikan hukuman sanksi di dunia juga akhirat.

قُلْ سِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُجْرِمِينَ [٢٧:٦٩]

Katakanlah: "Berjalanlah kamu (di muka) bumi, lalu perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang berdosa."
(An Naml 27. 69)
ada beberapa dosa besar dan yang paling besar yaitu :

1. Syirik
Syirik merupakan perbuatan yang paling dibenci oleh Allah Swt karena orang yang memiliki sifat syirik berarti ia menjajarkan Allah dengan hal yang lain. Dan juga syirik juga tidak mengakui ke-Esa.an Allah Swt. Karena Syirik juga menyemakan Allah Swt dengan yang lain.

Allah berfirman pada Q.S Al-Baqarah 2/22 : “ Karena itu janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi Allah, padahal kamu mengetahui.”

2. Membunuh Anak
Membunuh anak sendiri adalah doa besar kedua setelah syirik. Pada dasarnya tidak ada agama manapun yang menghalakan membunuh. Karena tujuan agama yaitu menyatukan, perdamaian, menyebarkan kasih sayang, menyebarkan sosial kehidupan. Apa motivasinya? atau khawatir kemiskinan, karena malu, atau sebab yang lain? Sudah di jelaskan di dalam Al-Quran bawah mebunuh anak adalah haram hukumnya.

Seperti yang ada didalam Q.S Al-Isra 17/31 : “ Dan jangan lah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada (anak-anak) mereka juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.”

3. Berzina
Dalam agama Islam sendiri zina dibedakan menjadi 2 macam yaitu zina muhsan dan ghairu muhsan.

Zina Muhsan, yaitu pezina yang dilakukan oleh pasangan yang sudah sah atau sudah menikah.
Zina Ghairu Muhsan, yaitu pezina yang dilakukan oleh pasangan yang tidak ada ikatan apapun. Yang belum pernah menikah atau tidak memiliki pasangan yang sah.
Berdasarkan hukum islam, perzinaan termasuk dosa yang besar. Dan dalam Al-Quran juga diterangkan bahwa semua orang muslim percaya bahwa berzina adalah dosa yang besar dan dilarang keras oleh Allah Swt.
Dalam Al-Quran dijelasakan larangan zina
Q.S Al-Isra 17/32 : “ … dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.”

Q.S An-Nur 24/2 : “ perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka derarah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kepada kekduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) peerintah Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekkumpulan orang-orang beriman.”

Hukuman menurut Islam untuk para pezina yaitu :
1. Jika pelakunya sudah menikah melakukannya secara sukarela (tidak dipaksa atau tidak diperkosa), mereka dicambuk 100 kali, kemudian dirajam
2. Jika pelakunya belum menikah, maka mereka didera (dicambuk) 100 kali. Kemudian diasingkan selama setahun

 

Sumber : https://almanhaj.or.id/5670-tiga-dosa-besar-yang-paling-besar.html

 

 

 

 




Komentar Artikel "3 Dosa Yang Paling Besar "