Sulit Lepas dari Jeratan Dendam..??? Coba Baca yang Satu Ini. - Alya Hijab

Sulit Lepas dari Jeratan Dendam..??? Coba Baca yang Satu Ini.

1 tahun yang lalu      info menarik

Menjadi Pribadi Pemaaf

Sahabat Alya,

Apa yang terbersit di hati kita ketika ada orang yang menzalimi diri kita? Secara naluri kita akan marah dan akan berusaha untuk membalas kezaliman itu. Bahkan ada yang suka membalas kezaliman itu dengan lebih parah lagi.

Tentu sikap ini apabila tidak segera dihilangkan akan membawa dampak negatif bagi kehidupan orang itu sendiri, baik bagi kehidupan pribadi maupun kehidupan bermasyarakat. Bagi kehidupan pribadi, seseorang yang memiliki sikap ini akan gelisah hatinya dan terkuras energinya karena memikirkan bagaimana ambisi agar balas dendam itu terpuaskan. Adapun bagi kehidupan bermasyarakat, sikap ini akan menyebabkan terjadinya konflik yang berkepanjangan hingga memakan korban baik harta maupun jiwa.

Agar kehidupan ini tenang dan tentram, maka sikap yang hanya ingin memperturutkan nafsu dendam harus diganti dengan sikap mulia yang diajarkan Islam yaitu sikap memaafkan. Jika masing-masing pihak atau salah satunya memiliki sikap ini, maka konflik yang terjadi akan reda hingga berakhir tanpa ada benih-benih dendam lagi.

Sungguh disadari, bahwa memang bukanlah suatu perkara yang mudah untuk bisa memaafkan seseorang yang bersalah kepada kita, meskipun kesalahan yang dilakukan sepele sekalipun. lalu kemudian bagaimana dengan masalah yang besar, kesalahan yang besar ? terlebih jika memang kesalahan tersebut dilakukan dengan kesengajaan. Terkadang memberi atau sekedar mengucap kata maaf memanglah sulit.


  • Inilah Keistimewaan Hari Jumat Didalam Dunia Islam >>KLIK
  • Subhanallah....!!! Istimewanya Menjadi Seorang Wanita >>KLIK
  • Keutamaan Menjaga Lisan dan Manfaatnya >>KLIK
  • SUKA BERCANDA YA ? Bercandalah menurut hukum islam >>BACA
  • Ingin Dilancarkan Rizkinya...??? Inilah Amalan-amalan Yang Dapat Memperlancar Rizki >>BACA

 Namun, ketika kita memang ingin memiliki sikap yang mulia, sebagaimana sifat Allah Swt. yang selalu memaafkan hamba-Nya yang meminta maaf dengan sungguh-sungguh, maka dengan kehendak-Nya kitapun adalah manusia pemaaf. Seharusnya jika kita menyadari lebih dalam. Di dalam Al-Qur’an, Allah Swt. berfirman dalam surat Asy-Syuura ayat 43 yang artinya:

“Tetapi, orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.”

Pemaaf memang bukan sifat yang kemudian muncul begitu saja pada diri manusia, sederhananya pemaaf adalah sifat yang tumbuh dalam diri seseorang ketika orang tersebut telah terbiasa melatih dirinya secara rutin dan terus-menerus untuk dapat memberikan maaf dan juga meminta maaf. Membiasakan diri untuk menjadi orang yang pemaaf, menciptakan pula kebiasaan diri untuk selalu dapat memaafkan. Memaafkan bukanlah sesuatu yang aneh dalam kesehariannya. Menjadi orang yang pemaaf juga dapat mengantarkan kita kepada ketenangan hidup, kebahagiaan, dan teman yang banyak.

Pemaaf adalah sifat luhur yang perlu ada pada diri setiap muslim. Ada beberapa ayat al-Quran dan hadis yang menekankan keutamaan bersifat itu yang juga disebut sebagai sifat orang yang hampir di sisi Allah SWT.

Allah SWT berfirman yang bermaksud:

“Dan orang yang menahan amarahnya dan memaafkan orang lain, Allah menyintai orang yang berbuat kebajikan.” (Surah Ali-Imran ayat 132).

Orang yang mulia adalah orang yang suka memafkan. Dalam sebuah hadis yang di riwayatkan oleh Abu Hurairah ra, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:

Musa bin Imran a.s, berkata: "Wahai Tuhanku diantara hamba-hamba-Mu, siapakah orang yang paling mulia dalam pandangan-Mu ? "Allah Azza Wajalla menjawab, “ Orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas. “ ( Hadis Riwayat Baihaqi )

Apabila seseorang itu memiliki sifat pemaaf sebenarnya itu adalah tanda yang mencerminkan hatinya bersih dan tenang. Sebenarnya tidak mudah untuk menjadi seorang pemaaf. Sikap negatif yang menjadi lawannya yaitu pemarah yang sentiasa berusaha agar tidak terwujudnya sifat pemaaf dalam seseorang. Pertemuan dua unsur tersebut mewujudkan satu mekanisme yang saling ingin menguasai diri seseorang.


  • Mau tau 10 Manfaat Hijab Bagi Kesehatan Wanita ??? Baca di sini >> KLIK
  • Wajib Coba !!! inilah tips Awet Muda Alami Ala Islam. >> KLIK
  • Diet Sehat Ala Islam ??? Puasa Sunah Senin Kamis Jawabannya… >> BACA
  • Cari Tau Yukk.... !!! 20 Fakta Unik & Menarik Tentang Hijab >> BACA
  • Potong Kuku Dan Rambut saat Haid dan Nifas ??? Ini Hukumnya >> BACA

 Tips Agar Menjadi Seorang Pemaaf

1. Fokus pada rasa terima kasih

Hindari keinginan untuk mencari kebahagiaan dari luar diri. Berfokuslah untuk mengungkap terima kasih kepada pencipta atas hal-hal baik yang Anda terima setiap waktu. Latihan kecil untuk memiliki sikap bersyukur semacam ini akan membawa kebahagiaan dari dalam diri ke dunia.

Bila Anda menggantungkan kebahagiaan pada hal-hal yang tidak bisa diprediksi atau manusia yang tidak bisa diandalkan, maka kebahagiaan Anda bak roller coaster, yang naik turun drastis, dan tidak stabil.

Kebahagiaan harus dirasakan dari dalam diri. Ketika Anda tergoda untuk berfokus pada hal-hal buruk yang disajikan dunia terhadap diri, cobalah menghitung berkat yang sudah diterima dalam hidup. Misal, ucapkan syukur pada lima hal di hidup yang sangat Anda syukuri. Ini adalah latihan yang baik untuk menjaga hidup tetap terfokus.

2. Tetap tenang

Ketika seseorang merespons benci dengan benci, marah dengan marah, pahit dengan pahit, maka ia akan menjadi bagian dari masalah. Cobalah memilih untuk tidak menjadi bagian dari hal itu, dan fokus untuk menjadi pribadi yang penuh cinta, kasih, dan bahagia.

3. Lupakan kesalahan orang kepada dirimu, ingat kesalahanmu kepada orang

Tujuannya agar kita tidak menjadi seorang pribadi yang pendendam. Menjalani hidup dengan lebih nyaman tanpa adanya kemarahan didalam hati kita terhadap orang lain. Dan selalu menginstropeksi diri agar dimasa yang akan datang tidak lagi berbuat kesalahan yang sama seperti yang kita perbuat dulu.

4. Lupakan kebaikanmu kepada orang, ingat kebaikan orang kepada dirimu

Jika kita hanya memikirkan kebaikan kita kepada seseorang, maka akan sulit untuk memaafkan seseorang. Dan melupakan kebaikan kita sendiri akan membuat kita terhindar dari sifat sombong.

5. Ucapkan doa

Ketika perasaan marah terhadap seseorang mulai merasuki pikiran, katakan pada diri sendiri, "Semua manusia pada dasarnya baik, manusia dengan jiwa penyayang yang kerap kali hilang arah". Doakan orang yang menyakiti Anda agar bisa merasakan bahagia lagi.

6. Lepaskan dendam

Novelis dan aktris Carrie Fisher pernah mengatakan, "Dendam adalah racun yang Anda telan karena berharap orang yang dibenci akan mengalami musibah". Ketahuilah, ketika Anda mendendam, hal itu tak hanya akan menyakiti diri sendiri, tetapi juga memberi orang tersebut kontrol terhadap emosi Anda. Bukan hal yang menyenangkan, apalagi bila Anda harus terus bertemu orang itu di beragam kesempatan.

7. Bencilah kepada perbuatannya, jangan benci kepada orangnya

Semisal kita berjumpa dengan seseorang yang hobbinya hanya bisa menyakiti perasaan orang lain dengan ucapannya dan karenanya kita menjadi sakit hati. maka dari itu jangan kita benci dengan orangnya, tapi bencilah kepada perbuatannya. Menurut kajian tasawuf, jika kalian benci kepada orangnya, secara tidak langsung kalian membenci yang menciptakan-Nya. Karena seluruh manusia terlahir fitrah/bersih.

8. Mencari hikmah

Banyak orang yang mengatakan, bila saat ini seseorang sedang menghadapi tantangan besar, maka ia sedang belajar untuk menjadi orang yang lebih baik. Bila hal itu memang benar, maka ketika menghadapi tantangan atau masa sulit, pikirkan tes apa yang sedang Anda jalani. Apakah tentang kesabaran, mengasihi, ketahanan diri, memaafkan, atau keterbukaan pikiran? Kekuatan apa yang seharusnya Anda pelajari. Ketika sudah ditemukan, kembangkanlah.


  •  Inilah Sebabnya Mengapa Menuntut Ilmu Itu Penting !!! >>KLIK
  • Masih Suka Bingung saat Haid ??? Mau Ibadah Takut Salah. Supaya Lebih Jelas, YUK BACA...!!! >>KLIK
  • Biar Nggak Kaget, Cari Tahu Yuk…!!! Apa Saja Persiapan yang Harus Dilakukan Menjelang Bulan Ramadhan >>KLIK
  • Jangan Ngaku Taqwa, Sebelum Melaksanakan Kewajiban Yang Satu Ini...!!!>>BACA
  • Single Kok Bangga..!!! Coba baca yang satu ini :) >>KLIK

 9. Lepaskan dendam

Novelis dan aktris Carrie Fisher pernah mengatakan, "Dendam adalah racun yang Anda telan karena berharap orang yang dibenci akan mengalami musibah". Ketahuilah, ketika Anda mendendam, hal itu tak hanya akan menyakiti diri sendiri, tetapi juga memberi orang tersebut kontrol terhadap emosi Anda. Bukan hal yang menyenangkan, apalagi bila Anda harus terus bertemu orang itu di beragam kesempatan.

10. Jaga perspektif

Ketika Anda sedang mengalami sebuah tantangan, ingatkan diri, ini adalah kejadian spesifik dari garis hidup yang masih panjang. Sebuah tantangan dalam hidup jangan sampai mendefinisikan seluruh hidup Anda. Ingatkan diri bahwa masih ada masa depan cerah yang harus dijalani.

11. Balaskan dendam dengan positif

Memikirkan balas dendam? Bentuk terbaik balas dendam adalah menjalani hidup yang sukses dan bahagia. Bila Anda melatih diri untuk konsisten menjadi pribadi yang penuh kebahagiaan dan tindakan penuh kasih, maka energi itu akan menarik orang-orang yang positif dengan hasil positif pula.

Seperti kata Albert Einstein, "Anda tidak bisa menyelesaikan masalah dengan tetap di energi yang sama". Fokuslah pada pikiran positif. Disarankan untuk bermeditasi dengan mengucapkan kata-kata seperti, "Cinta, memaafkan, melepaskan, damai".

Sahabat Alya,

Marilah kita tanamkan pada hati dan jiwa kita sifat pemaaf, karena sifat pemaaf adalah sifat ahli-ahli syurga sedang sifat pemarah dan pendendam adalah sifat ahli-ahli neraka. Dari sifat pemarah dan pendendam akan melahirkan sifat hasad dengki, iri hati , sombong, dan takabur.

Jika sifat pemaaf diamalkan, insya Allah, kita juga tidak akan menanggung kemarahan dari orang lain. Sesungguhnya Allah SWT akan memaafkan kesalahan dan dosa kita di akhirat nanti jika di dunia kita sentiasa memaafkan kesalahan orang lain. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Amin..  

 

Terima kasih sudah membaca artikel “ Sulit Lepas dari Jeratan Dendam..??? Coba Baca yang Satu Ini ” Silahkan share agar bermanfaat bagi orang lain :)




Komentar Artikel "Sulit Lepas dari Jeratan Dendam..??? Coba Baca yang Satu Ini."