Masih Suka Malas Untuk Sahur ? RUGI...!!! Coba Baca Yang Satu Ini. - Alya Hijab

Masih Suka Malas Untuk Sahur ? RUGI...!!! Coba Baca Yang Satu Ini.

1 tahun yang lalu      info menarik

Setiap kali memasuki Ramadhan, kita akan selalu berhadapan dengan satu aktivitas unik yang jarang kita temui pada bulan-bulan lainnya, yaitu sahur yang kita laksanakan sebulan penuh. Apa manfaat sahur bagi kesehatan orang yang puasa? Apakah sekadar mengganti jadwal makan atau ada hal-hal lain yang bermanfaat bagi tubuh?

Makan sahur adalah suatu rutinitas yang biasa kita jalankan ketika kita menunaikan ibadah puasa. Sebenarnya, sahur tidak hanya ada pada bulan Ramadhan. Di luar Ramadhan pun kita bisa melaksanakan sahur, khususnya ketika kita hendak melaksanakan sahur sunah atau sahur qadha dan nazar. Walaupun demikian, intensitas, keberkahan, dan nuansa sahur kita di luar Ramadhan sangat berbeda dengan aktivitas sahur pada bulan Ramadhan di mana hampir semua orang yang berpuasa melaksanakannya. Tidak hanya itu, dari segi keberkahan dan pahalanya pun, melaksanakan sahur pada bulan Ramadhan jauh lebih besar daripada sahur pada bulan lainnya. Terlepas dari segi waktu pelaksanaannya, baik itu di bulan Ramadhan atau di luar bulan Ramadhan, sahur tetaplah merupakan aktivitas istimewa dan penuh keberkahan.

Terkadang kita tidak tahu apa sebenarnya manfaat dan keberkahan melaksanakan sunnah makan sahur, bahkan banyak diantara kita yang justru meninggalkannya dengan alasan klasik yaitu ngantuk atau males bangun.

Apakah Anda termasuk salah satunya? Sebaiknya jangan, karena Anda akan kehilangan manfaat luar biasa dari sahur.


  • Wajib Coba !!! inilah tips Awet Muda Alami Ala Islam. >>KLIK
  • Inilah Keistimewaan Hari Jumat Didalam Dunia Islam >>KLIK
  • Potong Kuku Dan Rambut saat Haid dan Nifas ??? Ini Hukumnya >>BACA
  • Cari Tau Yukk.... !!! 20 Fakta Unik & Menarik Tentang Hijab >>BACA
  • Diet Sehat Ala Islam ??? Puasa Sunah Senin Kamis Jawabannya… >>BACA

 

Berkah dan Manfaat

Berikut ini adalah berkah dan manfaat dari makan sahur diantaranya:

  • Makan sahur berarti mengikuti sunnah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Jika orang yang sahur meniatkan dalam sahurnya tersebut untuk menjalankan perintah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam dan mengikuti cara beliau berpuasa maka makan sahurnya menjadi ibadah. Ia mendapatkan pahala atas niat dan makannya tersebut. Jika orang yang sahur -dalam makan dan minumnya- meniatkan untuk menjaga fitalitas tubuh dan memiliki kekuatan dalam menjalankan shiyam, shalat, tilawah, dan aktifitas positif lainnya maka ia akan mendapat pahala dalam makan sahurnya.
  • Sahur menambah kekuatan saat menjalankan ibadah puasa di siang hari. Orang yang makan sahur akan lebih bertenaga untuk menjalankan tugas duniawi dan ukhrawi.
  • Meningkatkan Keikhlasan Beribadah. Ketika kecil, tidak ada aktivitas yang paling malas untuk dilakukan saat bulan Ramadhan, selain makan Sahur. Maka, di sinilah Allah Swt. menjadikan aktivitas sahur sebagai ujian keikhlasan bagi seorang Muslim yang hendak menunaikan ibadah sahur pada siang harinya. Betapa tidak, ketika sahur tidak ada orang yang melihat kita selain keluarga, tidak ada pujian dan sanjungan bagi kita saat melaksanakan sahur. Makan sahur pun tidak seenak makan pada siang hari. Untuk sahur, kita harus berjuang melawan kantuk, hawa dingin, dan perasaan malas. Kalau tanpa keikhlasan dan harapan untuk mendapatkan ridha Allah, sangat sulit bagi kita untuk menunaikannya. Dengan demikian, semakin kita ikhlas, semakin mudah pula bagi kita untuk melaksanakan sahur. Semakin kita ikhlas, semakin terasa nikmatnya bangun pada dini hari untuk melaksanakan ketaatan kepada Allah Swt.
  • Menghilangkan akhlak tercela yang diakibatkan dari lapar. Orang lapar lebih mudah tersulut emosi, sensitive, dan mudah marah. Maka orang yang makan sahur akan memiliki jiwa yang lebih tenang sehingga mampu bermu’amalah dengan baik kepada orang lain.
  • Sahur menjadi titik pembeda antara puasa penganut agama lain dengan puasa kaum Muslimin karena penganut lain tidak bersahur sebelum berpuasa
  • Orang yang makan sahur maka ia akan bangun di penghujung malam dan bisa memanfaatkannya untuk zikir, doa, shalat dan ibadah lainnya. Di mana saat tersebut adalah waktu mustajab. Ini salah satu rahasia keberkahan yang sangat istimewa dalam makan sahur.
  • Allah ta’aalaa dan para malaikat memberikan sholawat kepada orang yang makan sahur.
  • Keberkahan dalam makan sahur lainnya adalah akan bisa shalat subuh berjama’ah di waktu yang paling utama. Dapat kita lihat jumlah jamaah shalat subuh di bulan Ramadhan lebih banyak daripada di bulan-bulan selainnya. Hal itu tidak lepas dari aktifitas makan sahur mereka.

Sabda Nabi bahwa: “Sahur itu barakah maka jangan tinggalkan meski hanya dengan seteguk air. Dan termasuk sunnah ketika sahur adalah untuk mengakhirkannya” Sabda Nabi Muhammad SAW, dari Abi Said al-Khudri RA

Dalam hadists tersebut menganjurkan kita untuk jangan meninggalkan sahur walau hanya dengan seteguk air dan mengakhirkan waktu makan sahur. Adapun batas waktu bersahur yang disebut imsak yaitu 10 menit sebelum adzan shubuh.

Islam membagi waktu malam menjadi 3, yakni sepertiga malam pertama (Ba'da Isya - 22.00) , sepertiga malam kedua (pukul 22.00 - 01.00) dan sepertiga malam terakhir (pukul 01.00 - Subuh). Nah, hadits Nabi menganjurkan kita makan sahur dalam sepertiga malam terakhir.

Berdasarkan penelitian, bangun di sepertiga malam terakhir itu bermanfaat luar biasa untuk kesehatan kita. Bahkan ini dapat menjadi pilar utama kesuksesan kita dalam menjalankan berbagai macam diet.

Ketika kita lelap tertidur, ternyata banyak kejadian yang terjadi didalam tubuh kita. Pada saat tidur, sistem hormon akan berpindah pada tahap anabolik, yaitu konversi energi untuk perbaikan dan pertumbuhan.

Pada tahap ini tingkat hormon adrenalin dan kortikosteroid turun dan tubuh mulai memproduksi hormon pertumbuhan (human growth hormone atau HGH), melatonin, juga hormon seks testosteron, hormon kesuburan, FSH (follicle-stimulating hormone dan hormon LH (luteinizing hormone).

HGH mendorong pertumbuhan, memelihara dan memperbaiki otot dan tulang dengan memfasilitasi penggunaan asam amino. Sedangkan melatonin adalah hormon yang diproduksi untuk membantu manusia untuk tidur.

Hormon ini disekresikan oleh kelenjar pineal jauh di dalam otak. Ini membantu tubuh mengontrol irama dan siklus tidur-bangun. Tetapi faktanya hormon-hormon baik tersebut semakin malam semakin turun produksinya dan akan berada pada titik terendah saat sepertiga malam terakhir. Sebaliknya, hormon stress yakni hormon kortisol justru meningkat produksinya dan yang bisa menghentikannya adalah kalau kita bangun.

"Jadi ketika kita bangun makan sahur pada saat sepertiga malam terakhir otomatis akan menghentikan produksi kortisol dan sekaligus menjaga fungsi hormon-hormon baik selama kita tidur terutama di sepertiga malam kedua dapat bermanfaaat secara optimal," kata Pramono.

Perlu kita ketahui efek jahat hormon kortisol yang berlebihan antara lain: hilangnya massa otot; terurainya otot, tendon, ligament, karena digunakan untuk membentuk glukosa.

Jadi, bangun pada sepertiga malam terakhir mendatangkan manfaatnya yang luar biasa, seperti meningkatnya sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit metabolic sindrom semacam kencing manis, bahkan membantu keberhasilan diet, terutama yang mempunyai perut buncit.


  • Keutamaan Menjaga Lisan dan Manfaatnya >>KLIK
  • SUKA BERCANDA YA ? Bercandalah menurut hukum islam >>BACA
  • Ingin Dilancarkan Rizkinya...??? Inilah Amalan-amalan Yang Dapat Memperlancar Rizki >>BACA
  • Sulit Lepas dari Jeratan Dendam..??? Coba Baca yang Satu Ini. >>KLIK
  • Subhanallah....!!! Istimewanya Menjadi Seorang Wanita >> KLIK

Manfaat lainnya dalam kesehatan yaitu pada saat bangun pada sepertiga malam, dimana manfaatnya yaitu:

  1. Sahur memberikan kekuatan dan vitalitas. Hal ini karena sahur merupakan sumber energi utama untuk melakukan aktivitas nanti. Terutama bila saat sahur mengonsumsi makanan kaya serat yang akan menyerap karbohidrat perlahan sehingga tubuh tidak mudah merasa lelah dan lapar.
  2. Sahur membantu menutupi kebutuhan nutrisi, terutama jika sahurnya terdiri dari berbagai macam makanan penuh nutrisi seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan serat.
  3. Dan menjadi lebih awet muda.
  4. Sahur membantu mencegah mual-muntah dan sakit kepala saat berpuasa. Hal ini karena sahur berperan mengatur tingkat gula dalam darah.
  5. Sahur memperbaiki masalah pencernaan.

Ijma’ ulama menetapkan bahwa orang yang hendak berpuasa disunnahkan makan sahur. Namun jika ternyata ia tidak sahur, maka tidak berdosa.

Perintah dalam hadits ini tidaklah bersifat wajb. Tapi hanya sunnah. Buktinya, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah menyambung puasa. Begitu juga para sahabatnya, pernah berwishal (menyambung puasa) bersamanya. Wishal adalah berpuasa selama dua haru atau lebih, tanpa berbuka. Berpuasa pada siang dan malam hari.

Dan para ulama juga menyepakati bahwa berpuasa dengan makan sahur lebih utama dari berpuasa tanpa makan sahur.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي اَلسَّحُورِ بَرَكَةً

“Makan sahurlah, karena sesungguhnya ada keberkahan dalam sahur.” (Muttafaq ‘Alaih)

Hadits Zaid bin Thabit r.a katanya: “Kami pernah bersahur bersama Rasulullah shalallahu ‘alaihi Wassallam. Setelah itu kami pun mendirikan sembahyang Subuh. Kemudian aku bertanya: Berapakah selang waktu di antara keduanya? Baginda menjawab: Kira-kira bacaan lima puluh ayat.”


  • Inilah Sebabnya Mengapa Menuntut Ilmu Itu Penting !!! >>KLIK
  • Masih Suka Bingung saat Haid ??? Mau Ibadah Takut Salah. Supaya Lebih Jelas, YUK BACA...!!! >>KLIK
  • Jangan Ngaku Taqwa, Sebelum Melaksanakan Kewajiban Yang Satu Ini...!!!>>BACA
  • Single Kok Bangga..!!! Coba baca yang satu ini :) >>KLIK
  • Biar Nggak Kaget, Cari Tahu Yuk…!!! Apa Saja Persiapan yang Harus Dilakukan Menjelang Bulan Ramadhan>>KLIK

 

Hidangan Makan Sahur

Tidak ada jenis makanan dan minuman khusus untuk makan sahur, yang penting makanan dan minuman halal yang baik dan bermanfaat untuk tubuh sah menjadi hidangan makan sahur. Cuma di sana ada beberapa hadits yang menunjukkan keutamaan kurma sebagai hidangan sahur.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: “Sebaik-baik makanan sahur seorang mukmin adalah kurma.” (HR. Abu Dawud dan dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Shahih Abu Dawud)

Dari Abu Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

السُّحُورُ أَكْلَةٌ بَرَكَةٌ فَلا تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

“Sahur adalah makanan berkah, maka jangan kalian tinggalkan walaupun salah seorang dari kalian hanya minum seteguk air, karena Allah  dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur.” (HR. Ahmad dan dihassankan Syaikh Al-Albani dalam Shahih al-Jami’, no. 3683)

 

Agar acara makan sahurmu lebih sehat dan bergizi, berikut adalah tips-tips yang bisa kamu ikuti :

  • Menu makan sahur sebaiknya mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, karbohidrat, vitamin dan mineral, dan berupa makanan yang bisa dicerna dengan mudah sehingga tidak menyebabkan rasa tidak nyaman di perut.
  • Minumlah cukup air saat sahur untuk menghindari rasa haus selama menjalani puasa.
  • Hindari sahur menggunakan makanan yang asin seperti makanan kaleng, asinan atau daging olahan serta makanan yang berlemak, gorengan dan makanan pedas. Karena semua tadi bisa meningkatkan rasa haus.
  • Makanan manis yang ringan seperti pudding / roti bisa dikonsumsi saat sahur karena bisa memberimu rasa kenyang dan memberikan tubuh energi serta gula yang diperlukan saat berpuasa, sehingga mencegahmu merasa lelah dan lemas di siang hari.
  • Contoh menu sehat saat sahur, bisa setara dengan semangkuk nasi atau spaghetti, 2 lembar roti atau semangkuk sereal gandum untuk sumber karbohidrat kompleksnya. Sedangkan untuk protein, bisa berupa 4 lembar keju, 60 gram daging atau 2 butir telur. Lengkapi pula dengan sayuran dengan jenis dan warna yang berbeda-beda, buah-buahan segar dan segelas susu atau yoghurt.

Jadi masihkah kita bermalas-malasan untuk melaksanakan sunnah Rasull yaitu makan sahur. Meninggalkannya karena nuruti rasa ngantuk atau sebab lainnya. Sebaliknya, menanamkan tekad untuk bangun makan sahur disertai rasa gembira menjalankan perintah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Insya Allah, ia akan mendapatkan kebaikan, pahala dan keberkahan yang besar. Lihat saja Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, memperhatikan makan sahur, memerintahkannya, memberitahukan bahwa ia syi’ar puasanya kaum muslimin dan pembeda dengan puasa ahli kitab, dan beliau melarang meninggalkan makan sahur. Wallahu A’lam.

Untuk itu, jangan sekali-kali kita meremehkan atau meninggalkan makan sahur saat berpuasa. Selain banyak keutamaan dan hikmahnya, makan sahur juga sebagai salah satu penambah stamina kita dalam menjalankan ibadah puasa. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak berpuasa karena tidak sahur yang mengakibatkan tubuh menjadi lemas.

Selamat berpuasa ya dan jangan lupa makan sahur…

 

Terima kasih sudah membaca artikel Masih Suka Malas Untuk Sahur ? RUGI...!!! Coba Baca Yang Satu IniSilahkan share agar bermanfaat bagi orang lain :)




Komentar Artikel "Masih Suka Malas Untuk Sahur ? RUGI...!!! Coba Baca Yang Satu Ini."